UIN Sunan Kalijaga Menjadi Satker Assesmen JPT Pratama

Kementerian Agama Republik Indonesia membuka seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang akan menduduki posisi Kepala Biro (Eselon II) di lingkungan PTKIN dan Kantor Wilayah Kementerian Agama RI. Sejumlah 180 orang yang merupakan para Kepala Bagian atau para pejabat eselon III di lingkup Kementerian Agama mengikuti seleksi ini. UIN Sunan Kalijaga dijunjuk menjadi salah satu Satuan Kerja (Satker) untuk melaksanakan Assesmen Seleksi Terbuka JPT Pratama, yang dilaksanakan 24 s/d 26/8/2021.

Ditemui di sela-sela pelaksanaan Assesmen, Kepala Bagian Organisasi, kepegawaian dan Hukum (OKH) UIN Sunan Kalijaga, Sri Puspita Murni, SE., MM., menjelaskan bahwa seleksi terbuka JPT Pratama diikuti 180 pelamar, dilaksanakan serentak di 31 tempat terdiri dari 26 kampus PTKIN, 2 kampus Institute Agama Kristen Negeri (IAKN) dan 3 Kantor Wilayah Kementerian Agama. Sementara, Assesmen berlangsung 3 hari; Seleksi Proposal Writing dan In Basket Exercise, pada 24/8, test psikologi, pada 25/8. Presentasi dan wawancara, pada 26/8. 2 orang peserta Assesmen (Dr. Ahmad Bahiej, S.H., M. Hum., dan Ali Sodiq, S. Ag., M. Ag.) mengikuti seleksi di kampus UIN Sunan Kalijaga.

Keseluruhan pelaksanaan Assesmen berlangsung melalui Zoom Meeting dengan penguji dipercayakan kepada Sinergi Consulting, PT. Sinergi Bakarya Sejahtera di Jakarta. Hal ini didasarkan pada Permen PANRB Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah. Dan Edaran Menteri PANRB Nomor 52 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi secara terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah dalam Kondisi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat akibat Covid-19, demikian jelas Ita Puspita.

Kasubag. Kepegawaian, pada Bagian OKH UIN Suka, Dr. Taufik Burhanuddin Aziz, S. Ag., MA., menambahkan, UIN Sunan Kalijaga juga menyelenggarakan seleksi terbuka penerimaan pegawai kontrak untuk mengisi formasi jabatan Pengadministrasi Keuangan Fakultas dan Unit, serta Satuan Pengawas Internal (SPI) di lingkungan kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penyelenggaraaan seleksi terbuka pegawai kontrak ini didasarkan pada Pengumuman Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, selaku Ketua Panitia Seleksi Nomor B-2763.4/Un.02/R.2/TU.00.3/08/2021.

Dijelaskan, seleksi pegawai kontrak kali ini diikuti 1345 orang pelamar. Setelah dilakukan seleksi administrasi, pada 19/8, 492 orang pelamar lolos pada formasi Pengadministrasian Keuangan, 116 orang pelamar lolos pada formasi SPI. Total yang lolos pada seleksi administrasi berjumlah 608 orang. Selanjutnya para pelamar yang lolos seleksi administrasi mengikuti seleksi CBT kemampuan potensi akademik, pada 26/8, serta seleksi wawancara dan teknis, pada 27/8, akan diumumkan segera.Hasil seleksi diumumkan melalui website https://UIN-Suka.ac.id., demikian jelas Dr. Taufik. (Weni/Dimas)