Gebyar Matematika Nasional UIN Sunan Kalijaga

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Matematika UIN Sunan Kalijaga mengadakan event “Gebyar Matematika” yang bertaraf Nasional untuk pertama kalinya. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan integrasi-interkoneksi ilmu matematika dengan ilmu agama ke khalayak umum, membangun rasa semangat, sportivitas siswa/i SMA sederajat dan mahasiswa dalam berkompetisi. Selain itu juga sebagai wadah siswa/i SMA sederajat untuk mengasah kemampuan dalam bidang Matematika dan mahasiswa dalam bidang desain.

Ketua pelaksana Rosilana Anita dalam rilisnya menjelaskan, Gebyar Matematika kali ini bertema “Urgensi Media Digital sebagai Integrasi-Interkoneksi antara Ilmu Matematika dan Ilmu Agama” yang dikemas dalam berbagai rangkaian kegiatan, antara lain Seminar Desain yang bertema Exploring Your Creative Skill with Power Point sekaligus menjadi rangkaian pembukaan acara Gebyar Matematika. Sementara Gebyar Matematika kali ini dibuka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama, Dr. Fathorrahman S.Ag., M.Si. Acara diikuti oleh lebih dari 100 participant melalui Zoom meeting. Hadir sebagai narasumber Salahuddin, spesialis sosial media yang sudah lama berkiprah dalam dunia desain, dengan moderator Aulia.

Rangkaian acara dilanjutkan lomba desain poster yang bertema Semangat Kemerdekaan di Masa Pandemi. Tema ini diimplementasikan dari hasil desain poster peserta di tengah bulan kemerdekaan. Lomba desain poster dimenangkan Arfi Nadhifa, juara kedua Dea Sekar Kinanti, dan juara ketiga Dandy Satria Damara.

Sementara itu, lomba Olimpiade Matematika Nasional dengan tema Brave, Great, and Competitive in Math Olympiad. Menurut Ketua HMPS Matematika, Dwi Wahyuni Olimpiade Matematika kali ini diikuti oleh 50 peserta siswa/i SMA sederajat dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia pada 22/8/2021 secara online. Pada babak Final, dibarengi dengan rangkaian kegiatan pelatihan arah kiblat oleh Rosi dan Zahro selaku pengurus HMPS Matematika dari departemen Pendidikan yang dilaksanakan 29/8/2021 melalui zoom meeting, demikian imbuh Dwi Wahyuni.

Rangkaian acara terakhir sekaligus sebagai penutup adalah E-Link Math yang bertemakan Become an Entrepreneur with Social Positive Impact dengan narasumber Fathin Naufal Nur Islam selaku Innovation, Education, and Business Enthusiast. Acara gebyar ditutup Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Fathorrahman S.Ag., M.Si melalui Zoom Meeting, diikuti sebanyak 50 peserta. Pada sesi penutupan diumumkan juara lomba olimpiade matematika yaitu juara pertama Galih Nur Rizky dari SMA Semesta BBS Semarang, juara kedua Naufal Adityo dari SMA Pribadi Depok, dan juara ketiga Ivan Hadinata dari SMA Negeri 1 Jember. (Weni/Ihza)