Dialog Post Doctoral Research Program Bersama Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terus melakukan upaya-upaya untuk melahirkan para Guru Besar Muda. Kali ini dengan menggelontorkan dana untuk Program Riset Pasca Doktor (Post Doctoral Research Program), melalui LPPM. Sementara itu dalam upaya melahirkan karya-karya riset yang berkualitas dan dapat menembus publikasi di jurnal-jurnal bertaraf internasional, UIN Sunan Kalijaga menghadirkan Kepala BPIP, Prof. Dr. K.H. Yudian Wahyudi, MA, Ph.D. sebagai Narasumber dalam agenda Dialog membahas Post Doctoral Research Program, bertempat di ruang pertemuan lt.2, Gedung Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, 8/9/2021. Kegiatan ini dihadiri Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Phil Al Makin dan Wakil Rektor I, bidang Akademik dan pengembangan Lembaga, Prof. Iswandi Syahputra, Wakil Rektor II, bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. Phil Sahiron, Wakil Rektor III, bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Abdur Rozaki, para Kepala Biro, para Dosen 8 fakultas yang menerima dana riset 2020 dan 2021, Ketua dan Sekretaris PPPM, Ketua PPM, Para Kapus, dan Ketua Rumah Jurnal.

Dr. Phil Sahiron, dalam sambutan mengawali agenda ini antara lain menyampaikan bahwa, Program Riset Pasca Doktor merupakan inisiasi dari Prof. Yudian Wahyudi ketika masih menjabat sebagai Rektor UIN Sunan Kalijaga. Pada awal berjalannya program ini sudah ada pesertanya yang dari luar negeri. Diantaranya Pakistan. Lalu dari Jerman. Di program selanjutnya ada dari Amerika. Prof. Dr. K.H. Yudian Wahyudi, MA, Ph.D. juga menginisiasi International Writing Contest untuk menarik minat peserta yang dari luar negeri, agar UIN Sunan Kalijaga semakin dikenal di tingkat internasional. Dan Alhamdulillah, program-program yang diinisiasi Prof. Yudian Wahyudi berpengaruh secara signifikan. Penulis yang dari Pakistan itu sudah menerbitkan artikelnya di jurnal internasional dengan menggunakan nama Sunan Kalijaga dan ia menyampaikan terima kasih kepada UIN Sunan Kalijaga karena sudah memberikan fasilitas selama Program Riset Pasca Doktor berlangsung. Sementara itu Program Riset Pasca Doktor telah banyak melahirkan para Profesor muda di kampus UIN Sunan Kalijaga, terang Dr. Sahiron.

Menurut Dr. Phil Sahiron, keberhasilan program-program pengembangan akademik yang diinisiasi Prof. Dr. K.H. Yudian Wahyudi, MA, Ph.D. tidak terlepas dari kepedulian dari Prof. Yudian. Bahkan sampai sekarangpun kepedulian Prof. Yudian Wahyudi untuk turut serta dan mengikuti setiap tahap pengembangan akademik yang ada di kampus ini, tidak berkurang. Kepedulian Prof. Yudian Wahyudi sampai saat ini, meskipun sudah ada di Jakarta, sangat berarti bagi UIN Sunan Kalijaga.

Berjalannya Program Riset Pasca Doktor untuk angkatan 2020-2021 ini juga tidak terlepas dari kinerja Wakil Rektor I dan LPPM. “Angkatan tahun 2020 sampai 2021 ini sudah terus berlanjut dan Alhamdulillah sangat serius ditangani oleh LPPM bersama Wakil Rektor I. Hanya saja kali ini belum mengundang peneliti-peneliti lain di luar UIN Suka, karena terkendala Pandemi Covid-19.” tambah Dr. Phil Sahiron.

Sementara itu dalam paparannya, Prof. Dr. K.H. Yudian Wahyudi, MA, Ph.D. antara lain menyampaikan, saat menjabat sebagai Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Yudian Wahyudi ingin cepat-cepat mengangkat UIN Sunan Kalijaga ke tingkat dunia/internasiobnal. Maka diinisiasilah Program Riset Pasca Doktor, International Writing Contest, dan program jurnal internasional. Dengan program-program ini, pihaknya berharap ada banyak peserta akademisi yang dari Barat. Dengan mengambil banyak Doktor dari barat, UIN Suka punya alumni internasional sekaligus karya-karya terpublis dijurnal internasional. Itulah stategi yang tepat untuk menjadikan UIN Suka berkibar di tingkat internasional. Prof. Yudian berharap, program – program pengembangan akademik yang diinisiasinya bisa terus dilanjutkan oleh para Rektor berikutnya, agar UIN Suka terus dapat berkibar di tingkat internasional. (Weni/Eko/Mela/Mutiah)