Memperkenalkan Budaya Pendidikan di Indonesia, UIN Sunan Kalijaga mengadakan (SKISO) Sunan Kalijaga International Student Orientation

Dalam rangka menyambut Mahasiswa Internasional baru, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN SUKA) mengadakan Sunan Kalijaga International Student Orientation (SKISO) 2021 dengan tema “Embracing New Culture, Enhancing Academic Achievement” pada tanggal 25-26 September 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan dihadiri oleh 63 mahasiswa internasional baru dari berbagai negara. Kegiatan ini dilaksanakan dengan 2 bahasa pengantar, yaitu Arab dan Inggris dan dibantu oleh 16 fasilitator dari beberapa fakultas di lingkungan UIN Sunan Kalijaga. Hari pertama diawali dengan pembukaan, dilanjut dengan sesi materi yang disampaikan oleh fasilitator. Hari kedua dilanjut dengan sesi materi dan ditutup dengan sesi penutupan

kegiatan diawali dengan Opening ceremony pada hari pertama yaitu 25 September 2021 yang dibuka oleh MC, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan diakhiri dengan bacaan tilawah. Dalam Opening Ceremony, sambutan pertama disampaikan oleh Ambar Sari Dewi, S.Sos., M.Si., P.hD. selaku Ketua International Office/CDCIA UIN SUKA. Dalam sambutannya, Ibu Ambar Sari Dewi.,P.hD merasa senang dapat hadir pada pertemuan ini guna menyambut Mahasiswa Internasional Baru UIN SUKA angkatan 2021/2022. Ibu Ambar Sari Dewi.,P.hD memaparkan bahwa siswa internasional UIN SUKA tahun ini banyak berasal dari Afrika, Asia Tenggara, dan Timur Tengah. Dengan latar belakang sosial dan budaya yang berbeda, orientasi ini diharapkan dapat membantu mahasiswa internasional untuk merangkul budaya baru dengan belajar tentang budaya Indonesia, Islam di Indonesia, dan nilai-nilai inti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Orientasi ini juga akan membantu mereka untuk meningkatkan prestasi akademik karena mereka akan mempelajari sistem pembelajaran UIN SUKA. Oleh karenanya, besar harapan agar SKISO 2021 akan menjadi langkah pertama menuju kehidupan yang mulus di UIN SUKA.

Ucapan terima kasih juga disampaikan atas semua dukungan dan bantuan dari semua pihak yang terlibat. Meskipun acara ini dilakukan secara online, tetapi diharapkan akan memiliki pengalaman yang menyenangkan dan dapat dikenang.

Sambutan berikutnya yaitu Welcoming speech yang disampaikan oleh Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A selaku Rektor UIN SUKA Yogyakarta. Ucapan selamat datang disampaikan oleh Prof. Al Makin yang merasa sangat bangga serta bahagia dalam menyambut Mahasiswa Internasional baru angkatan 2021. Dalam sambutannya, Prof. Al Makin berharap dapat menyapa langsung dalam pertemuan secara virtual dengan mahasiswa baru asing. Namun karena kondisi yang saat ini masih dalam masa pandemi sehingga hanya dapat menyapa secara virtual melalui teknologi Zoom meeting. Prof. Al Makin menyampaikan bahwa Semua orang dari belahan Negara manapun saat ini memanfaatkan teknologi karena tidak memungkinkan bertemu secara langsung. Di setiap Negara baik itu dari USA, eropa, afrika, Australia, Malaysia dan Negara lainnya. Sejauh ini kita sangat menikmati penggunaan teknologi, namun dibalik itu ada harapan besar agar pandemi segera berakhir. Dengan demikian jika pandemi usai, maka civitas akademika UIN sunan kalijaga akan sangat senang berrtemu secara langsung dengan para mahasiswa Internasional baru.

Prof. Al Makin juga berpesan kepada para mahasiswa Internasional baru agar jangan ragu datang dan tinggal di Indonesia. Karena bahasa Indonesia sangat mudah dipahami dan dipelajari dan masyarakat Indonesia juga sangat friendly, senang tersenyum, dan senang membantu. Because We do not live separately, but we live with community. We have each other. Indonesiapun sangat kaya akan budaya, dan terdiri dari kepulauan yang membentang luas. Selain itu, mahasiswa juga bisa menyalurkan hobi dan aktifitas mereka dengan beragam fasilitas bagus yang telah disediakan oleh kampus, seperti: fasilitas untuk membaca, olahraga seperti: sepak bola, tenis, pecinta alam dan panajat tebing, bela diri, dan kesenian seperti: teater,melukis, dll. Mahasiswapun bisa mengakses perpustakaan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta secara online (digilib UIN SUKA) dan gratis, karena di dalam perpustakaan UIN Sunan Kalijga banyak literature yang bisa diakses termasuk di dalamnya terdapat 86 jurnal online yang sudah disediakan. UIN sunan kalijaga juga memiliki tiga kampus di Yogyakarta dan dengan banyak fakultas, yang mana tiap fakultas memiliki master program (S2), Undergraduated (S1) dan Pascasarjana.

Diakhir sambutannya Prof. Al Makin menyampaikan kembali kebanggaan dan perasaan bahagia bisa menyambut para Mahasiswa Internasional baru tahun 2021 dan berharap agar para mahasiswa bisa segera datang ke Indonesia dan UIN Sunan Kalijaga Yoagyakarta setelah pandemi usai. Besar harapannya agar para Mahasiswa bisa belajar dan menyesuaikan dengan cepat dalam proses akademik dan budaya Indonesia. Prof. Al Makin menghimbau para mahasiswa agar senantiasa berdoa pada Tuhan YME agar pandemi segera berakhir.