Prodi Teknik Informatika UIN Suka Raih Akreditasi Unggul Dari BAN-PT

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berhasil meraih predikat Akreditasi Unggul. Program Studi Teknik Informatikan, Fakultas Sains dan Teknologi ditetapkan memenuhi syarat peringkat Akreditasi Unggul, ditetapkan berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor: 12696/SK/BAN-PT/AK.ISK/S/XI/2021, Tanggal 24 November 2021. Tertuang dalam Sertifikat Akreditasi, berlaku sejak Tanggal 24 November s/d 25 Juli 2022.

Di temui di ruang kerja, Fakultas Sains dan Teknologi, Kampus UIN Suka, Ketua Prodi Teknik Informatika, Ir. Maria Ulfah Siregar, S.Kom., MIT., Ph.D. menyampaikan rasa syukurnya atas peringkat Akreditasi Unggul yang berhasil diraih Program Studi Teknik Informatika ini. Menurut Maria Ulfah ini adalah keberhasilan dan kerja keras Tim. Penyusunan Dokumen Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Prodi sebagai prasarat untuk mengajukan disusun secara lengkap oleh Tim selama empat bulan terakhir. Untuk memudahkan kelengkapan dokumen ISK ini pihaknya membagi tim kerja yang terdiri dari para Dosen Prodi Teknik Informatika menjadi empat kriteria ISK. Yakni; Dosen Tetap, Kurikulum, Penjaminan Mutu, dan Pelacakan lulusan. Penyusunan dokumen ISK juga banyak dibantu dari Fakultas. Seperti pengumpulan dokumen-dokumen pendukung dari para Dosen Tetap di luar Prodi Teknik Informatika. Untuk pelacakan lulusan dilakukan oleh surveyor, yakni para alumni. Setelah Dokumen ISK terkumpul, dilanjutkan kompilasi dan review dari Lembaga Penjaminan Mutu, sebagai upaya perbaikan dan penyempurnaan dokumen. “Alhamdulillah kerja keras ini terbayar dengan diraihnya Akreditasi Unggul ini. Dengan predikat Akreditasi Unggul ini tentunya Prodi teknik Informatika semakin dipercaya dan berani bersaing dalam dunia kerja baik dalam dan luar negeri,” kata Maria Ulfah.

Di Jelaskan, Prodi Teknik Informatika UIN Suka berada dalam rumpun Ilmu Formal (Formal Sciences) bergelar S.Kom mengacu pada Keputusan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 257/M/Kpt/2017. Kurikulum yang berlaku saat ini adalah Kurikulum OBE MBKM tahun 2020. Kurikulum di Program Studi Teknik Informatika berparadigma integrasi dan interkoneksi. Prodi S1-Teknik Informatika juga telah terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) dengan kode Program Studi 55201.

Data terakhir menunjukkan, Prodi Teknik Informatika menghasilkan lulusan-lulusan yang lebih dari setengahnya dalam mendapatkan pekerjaan pertama adalah kurang dari enam bulan dan kesesuaian pekerjaan dengan profil program studi juga tinggi. Beberapa lulusan juga ada yang melanjutkan pendidikan ke berbagai perguruan tinggi. Selain itu, penilaian pengguna kepada lulusan program studi adalah sangat baik, khususnya di kriteria etika (integritas dan moral) dan secara rata-rata adalah baik. Mahasiswa-mahasiswi Program Studi Teknik Informatika UIN Sunan Kalijaga Yoygakarta adalah mahasiswa/ mahasiswi yang tidak hanya cemerlang di dalam kampus, tetapi beberapa di antara mereka mengharumkan nama institusi dengan prestasi masing-masing dan aktif di kegiatan luar kampus.

Contoh prestasi yang baru baru ini deraih adalah prestasi di kompetisi Aruba. Beberapa mahasiswa juga mengikuti Program Bangkit pada Semester Genap 2020/2021, dan hampir semua mahasiswa lulus pada program tersebut. Bahkan ada seorang mahasiswa dari program tersebut yang dengan timnya berhasil mendapatkan pembiayaan dari perusahaan mitra untuk pengembangan proyek timnya di Program Bangkit. Dosen-dosen Program Studi Teknik Informatika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta termasuk dosen-dosen yang produktif dalam hal penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi hasil penelitian yang beberapa publikasi dosen adalah termasuk ke dalam kolaborasi penelitian dengan perguruan tinggi lain dan bahkan ada dengan perguruan tinggi di luar negeri. Rekam jejak penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi dosen program studi ini bisa dilihat di web dosen UIN Sunan Kalijga Yogyakarta. Beberapa dosen program studi juga ada yang sedang melanjutkan pendidikan lanjut di dalam dan luar negeri.

Terkait dengan kerjasama, Prodi Teknik Informatika sudah dan sedang menjalankan kerjasama dengan berbagai pihak baik dalam atau luar negeri. Kerjasama terkini di bidang pendidikan, yaitu adanya pertukaran pelajar dengan prodi Informatika UNS, kerjasama MBKM melalui Permata dengan UIN Malang, kerjasama dengan Kewirausahaan Fisipol UGM dengan skema SKPI, dan lain-lain. Kerjasama kolaborasi riset, pertukaran narasumber, dan menjadi sponsor konferensi (ICSECS 2021) dengan Universiti Malaysia Pahang (UMP).

Pembelajaran pada prodi teknik Informatika UIN Suka diarahkan untuk menghasilkan Lulusan dapat menjadi tenaga profesional di bidang Teknik Informatika, dapat menempuh dan menyelesaikan pendidikan lanjutan, dan dapat berperan memberikan solusi yang kreatif inovatif atas permasalahan di lingkungannya, demikian papar Maria Ulfah.

Sementara itu, data terakhir dari tracer study menunjukkan keterserapan lulusan, 75% bekerja sesuai bidang keilmuannya, 16% bekerja dari inovasi dan kreatifitas yang dilakukan, dan hanya 9% saja yang bekerja di luar bidang keilmuannya. Dari identifikasi data tracer study tersebut terlihat pekerjaan alumni yang sesuai dengan bidang keahliannya yakni bekerja sebagai ASN di Kementerian yang membutuhkan Bidang Teknik Informatika (Kementerian Keuangan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian PUPR, Kementerian Agama, Mahkamah Agung RI, Pengadilan Tinggi Agama dan lain-lain). Bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang teknik Informatika seperti: Telkom Indonesia, Dicoding Indonesia, Gojek, PT. Astra Graphia, PT. Privy Identitas Digital, Kreasi Kode Indonesia, Visi Multimedia Aditama, PT Qatros Teknologi Nusantara, PT. Eklanku Indonesia Cemerlang, Technopartner Indonesia, PT. Medina, PT. Barastu Widodo Abadi, PT. Santara Daya Inspiratama, PT. Collega Inti Pratama, Gameloft Indonesia, Adijasa Informatika, PT. Vads Indonesia, dan lain-lain. Dan bekerja di Perbankan Nasional: BRI, Mandiri, BCA dan lain-lain. Perguruan Tinggi (UGM, UIN Suka, UII, Universitas Jenderal A. Yani, UTY, dan IAIN Cirebon. Dengan Akreditasi Unggul ini, pihaknya berharap keterserapan alumni dalam dunia kerja semakin tinggi dan merambah di banyak bidang lainnya baik di dalam dan luar negeri. Selain itu juga dapat mengembangan dunia kewirausahaan bidang teknik informatika di negeri ini, demikian harap Maria Ulfah. (Weni)