UIN Sunan Kalijaga Jalin Kerjasama Internasional dengan Global University Lebanon

UIN Sunan Kalijaga terus berupaya meningkatkan kualitas dan memperluas jejaring di tingkat Internasional. Salah satunya adalah terselenggaranyaagenda penjajakan kerjasama bidang akademik dan non akademik dengan Global University Lebanon. Kunjungan dari pihak Global University Lebanon yang dipimpin oleh Rektor Global University Beirut Lebanon, Prof. Dr. Syeikh Tareek Ghannam Al Hasani, disambut oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr Phil Al Makin, didampingiWakil Rektor IBidang Akademik Dan Pengembangan Lembaga,Prof. Dr. Iswandi Syahputra, S.Ag., M.Si.,Wakil Rektor IIIBidang Kemahasiswaan Dan Kerjasama,Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si.,Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama,Dr. H. Mamat Rahmatullah, MM.,Kepala Biro Administrasi Umum dan KeuanganDr. H. Abd. Syakur, S.Ag., M.Si.,Kepala Bagian Kerja Sama dan Kelembagaan,Dra. Rahmi Tri Mei Maharani, M.M,Ketua Lembaga Penjaminan Mutu,Dr. H. Muhammad Fakhri Husein, S.E., M.Si.,Ketua CDCIA, Ambar Sari Dewi, S.Sos., M. Si., Ph.D., danKetua UPZ,Dr. Sukamta Said, M.A.,Dekan dan Wakil Dekan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, bertempat di Ruang Rapat Lt. 2 Gedung Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, 18/04/2022.

Prof. Dr. Phil Al Makin menyampaikan sambutan hangatnya dan berbahagia dapat menjalin kerja sama Internasional dengan Global University Lebanon. Melalui pertemuan ini, membuka peluang kerja sama perkuliahan antara kedua universitas serta beasiswa bagi sivitas akademika UIN Sunan Kalijaga yang ingin melanjutkan studi di Global Univesity Lebanon. Baik Rektor Al Makin maupun Rektor Global University Lebanon, Syeikh Tareek Ghannam, menyepakati bahwa kerja sama ini ditujukan untuk memperdalam wawasan kajian keilmuan agama. “Program kerja sama ini bukan diwujudkan untuk berbisnis, melainkan untuk kemashlahatan perkembangan ilmu agama, juga diantaranya adalah untuk menekan dan mengurangi tentang pemikiran ekstrimisme”, tuturnya.

Dekan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Dr. Muhammad Wildan, M.A., juga turut bersemangat menantikan kerja sama antara UIN Sunan Kalijaga dengan Global University Lebanon. Antara lain, perkuliahan Islamiyah dan kemungkinan program studi lainnya. Namun yang perlu dipersiapkan utamanya adalah kemampuan berbahasa Arab yang baik sehingga dapat mempermudah dalam komunikasi dan mengoptimalkan pembelajaran yang ada. Program pengayaan Bahasa Arab juga akan dihadirkan untuk mendukung penguatan bahasa bagi calon mahasiswa yang lolos beasiswa. (Weni/Ihza/Alfan)