Bagian Kemahasiswaan UIN Suka Melaunching Website Khusus Kegiatan Kemahasiswaan

Bagian Kemahasiswaan UIN Sunan Kalijaga me-launching website khusus untuk mewadahi kegiatan kemahasiswaan, bertempat di Hall Gedung K.H. Slamet Effendi Yusuf (Student Center) UIN Sunan Kalijaga, 26/7/2022. Website Kemahasiswaan ini dilaunching langsung oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Al Makin bersamaan dengan penandatanganan Pakta Integritas oleh Kontingen Pekan Seni dan Olah Raga Nasional (PESONA) UIN Sunan Kalijaga yang akan berlaga di tingkat PTKIN se-Indonesia di Bandung, 18 s/d 25/8/2022 mendatang. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor 3, bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Kabiro AAKK, Wakil Dekan III di lingkungan UIN Sunan Kalijaga, Ketua UKM, serta Tim Official dan Kontingen PESONA I.

Wakil Rektor 3, bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Abdur Rozaki, M.Si., dalam sambutanya mengawali launching Website menyampaikan, kemahasiswaan perlu memiliki Website khusus, arena yang baru untuk mempromosikan prestasi, dinamika kemahasiswaan UIN Sunan Kalijaga. Website Kemahasiswaan ini penting, karena di dalamnya dapat terus meng-update isu-isu terbaru berkaitan dengan Kemahasiswaan. Apakah itu berkaitan dengan Kalijaga prestasi, akses beasiswa, Career Centre, bimbingan karir agar semua Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga semakin dipercaya oleh publik, juga kiprah alumni, dan berbagai informasi kegiatan Mahasiswa, baik itu yang tergabung dalam ORMAWA, UKM, maupun Organisasi Mahasiswa yang lainnya. Pihaknya berharap melalui Website Mahasiswa ini, dapat menumbuhkan budaya prestasi dalam dinamika kemahasiswaan UIN Sunan Kalijaga agar semakin semarak, semakin dinamis, dan semakin mendulang prestasi.

Terkait dengan kompetisi PESONA I, Dr. Rozaki menyampaikan, untuk mengoptimalkan capaian prestasi di ajang itu. Pihaknya akan mengkarantinakan kontingen pada 5, 6, 7, dan 8 mendatang agar semua dapat berkonsentrasi mengikuti semua cabang yang dipertandingkan.

“Semua sudah melakukan latihan secara intensif. Tinggal mengkonsentrasikan agar pada saat bertanding siap secara lahir, batin, fisik, dan material,” ungkap Dr. Rozaki.

“Hari ini melakukan penandatanganan pakta integritas. Artinya UIN Sunan Kalijaga sudah secara sistemik mempersiapkan lomba. Dengan upaya yang maksimal ini, harapannya UIN Sunan Kalijaga jadi role model bagi pembinaan Mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia. Serta dalam upaya mempertahankan akreditasi Unggul. Disamping harus menunjukkan budaya administrasi yang baik, juga terus meningkatkan sumber dayanya, termasuk launching website ini,” imbuhnya.

“Mari sambut website ini dengan bangga untuk mendukung tagline UIN Sunan Kalijaga untuk Bangsa, UIN Sunan Kalijaga Mendunia,” kata Dr. Abdur Rozaki.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Al Makin menambahkan, Website Kemahasiswaan akan banyak mempengaruhi mahasiswa untuk maju. Dan berdampak positif pada akreditasi. Ada 71 mahasiswa yang akan berpacu untuk mendulang prestasi pada PORSENI I, dan ada 61 program studi di UIN Sunan Kalijaga. Semua itu akan mewarnai tampilan website. Prof. Al Makin berharap konten–konten Website Kemahasiswaan juga dapat menampilkan pendidikan keragaman. Karena Pemimpin masa depan harus dapat memayungi keragaman agar Indonesia dikagumi dunia. Dan juga pendidikan seksualitas memberikan pemahaman tentang relasi yang sehat, bagaimana mencegah adanya kekerasan, pelanggaran, dan pelecehan seks. Agar tercipta keharmonisan dan keseimbangan hubungan antar gender dalam upaya membangun Indonesia semakin baik. Tantangan saat ini semakin banyak. UIN Sunan Kalijaga juga telah memiliki Pusat Layanan Terpadu (PLT), lembaga yang memiliki komitmen dalam penanganan kasus kekerasan seksual di UIN Sunan Kalijaga. Jangan sampai ada Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang menjadi korban pelecehan seks, pungkasnya.

Website Kemahasiswaan harus dapat memacu semua Mahasiswa untuk membuat konten-konten yang membangun, dan membuka banyak peluang usaha berbasis digital. Sudah banyak mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang karena kepiawaian memanfaatkan kemajuan teknologi digital dapat mendulang keuntungan.

Ada banyak peluang positif yang dapat dimanfaatkan melalui internet, seperti peternak yang memanfaatkan instagramnya dan atau YouTubenya untuk menarik subscribers sehingga dapat memberikan keuntungan. Dan banyak lagi yang bisa jadi peluang usaha. Prof. Al Makin berharap, dengan Website Kemahasiswaan akan semakin banyak Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang terinspirasi dan menginspirasi. “Banyak sekali Instagram yang dapat menjadi inspirasi, pahami itu semua untuk dapat membuat konten-konten yang menginspirasi. Tulis di Website Kemahasiswaan dan Instagram pribadi. Jadilah mahasiswa yang berprestasi, unggul, dan menginspirasi,” demikian ajak Prof. Al Makin.

Usai sesi launching Website, kontingen PESONA yang menandatangani Pakta Integritas yang isinya: Siap melaksanakan tugas sebagai Kontingen UIN Sunan Kalijaga pada kegiatan Pekan Seni dan Olahraga Nasional (PESONA) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) 2022; Akan senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai akhlakul karimah dalam setiap ucapan, sikap, perilaku, dan penampilan; Bersedia memakai pakaian yang rapi, sopan, Islami, bersepatu, serta mengenakan Tanda Pengenal Kontingen; Akan bersungguh-sungguh dalam berlatih dan/atau menyiapkan karya pada cabang lomba yang diikuti; Akan bersungguh-sungguh dalam bertanding, mematuhi aturan pertandingan, mengikuti semua tahapan pertandingan, menjunjung tinggi sportivitas, dan menghindari kecurangan; Bersedia menerima sanksi sesuai peraturan yang berlaku apabila terbukti melanggar salah satu dari –butir-butir pakta integritas di atas.(Weni/Ihza/Firman)