UIN Sunan Kalijaga Masuk Jajaran Top 20 Universitas Islam Terbaik di Dunia

UIN Sunan Kalijaga terus berupaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan. Beragam kolaborasi akademik dan pengembangan lembaga dilakukan guna memperluas peluang kerja sama dan kebermanfaatan baik dalam skala nasional maupun internasional.

Salah satu rekognisi yang diraih UIN Sunan Kalijaga pada bulan September ini adalah berhasil masuk dalam jajaran 20 (dua puluh) besar universitas Islam terbaik di dunia versi Lembaga pemeringkat perguruan tinggi yang berpusat di Sydney, Australia, yakni 4International College and Universities (4ICU) UniRank. Hal ini menjadi anugerah yang membanggakan untuk UIN Sunan Kalijaga yang pada tanggal 26/09/2022 akan memasuki usia ke 71 tahun.

Dilansir dari website resmi 4ICU Unirank, UIN Sunan Kalijaga menduduki peringkat ke-16 universitas terbaik di dunia, dan di tingkat Indonesia, UIN Sunan Kalijaga sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terbaik pertama.

Dalam pemeringkatan, 4ICU menggunakan beberapa kriteria antara lain akreditasi dari lembaga berkewenangan, keterkenalan atau popularitas website, memiliki minimal program gelar sarjana atau gelar pascasarjana baik magister atau doktoral, dan memberikan pendidikan dengan layanan prima terutama dalam format tradisional, tatap muka, dan non jarak jauh.

Berikut ini 20 Universitas Islam Terbaik Dunia Versi Unirank 2022 dikutip dari laman www.4icu.org/id:

1. Cairo University, Mesir
2. Universiti Islam Antarabangsa, Malaysia
3. Shahid Beheshti University of Medical Sciences, Iran
4. Umm Al-Qura University, Saudi Arabia
5. Jordan University of Science and Technology, Jordania
6. Isfahan University of Medical Sciences, Iran
7. Karadeniz Teknik Üniversitesi, Turkey
8. Süleyman Demirel Üniversitesi, Turkey
9. Universitas Islam Indonesia (UII), Indonesia
10. University of the Punjab, Pakistan
11. Al-Imam Muhammad Ibn Saud Islamic University, Saudi Arabia
12. Iran University of Science and Technology, Iran
13. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Indonesia
14. Taibah University, Saudi Arabia
15. Isfahan University of Technology, Iran
16. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UIN Suka), Indonesia
17. University of Isfahan, Iran
18. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
19. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
20. Islamic University of Gaza, Palestina

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil Al Makin, M.A., menuturkan bahwa pencapaian ini patut untuk disyukuri karena menandakan UIN Sunan Kalijaga diperhitungkan di dunia dan rekognisi tingkat global ini dapat menjadi motivasi untuk memperbaiki diri. “UIN Sunan Kalijaga dengan segala program baik akademik maupun kiprahnya untuk masyarakat, selalu menyiapkan diri berperan menghadapi globalisasi.”

Sebagaimana visi UIN Sunan Kalijaga yang unggul dan terkemuka dalam pemaduan dan pengembangan ke-Islaman dan keilmuan bagi peradaban, kolaborasi akademik dan tradisi intelektual UIN Sunan Kalijaga memang paling kuat dan tua, demikian ujar Rektor Al Makin.

Pihaknya juga menambahkan, bahwa dari sisi semangat, UIN Sunan Kalijaga selalu berbenah. Dengan diperhitungkannya UIN Sunan Kalijaga melalui hasil pemeringkatan Unirank ini, semoga menjadi pahala tersendiri sekaligus penyemangat untuk terus meningkatkan diri. (Weni/Ihza)