Kolaborasi Fakultas Syariah IAIN Kudus, Fakultas Syariah UIN Saizu Purwokerto, dan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suka Hadirkan 2nd ICCoLaSS 2022

Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan 2nd ICCoLaSS 2022. Konferensi Kolaborasi International tahun ini diselenggarakan bersama Fakultas Syariah IAIN Kudus dan Fakultas Syariah UIN Saizu Purwokerto dengan mengusung tema “The Configuration of Law, Sharia and Society in Digital Era”. Konferensi ini berlangsung pada 13-14/10/2022, bertempat di Gedung Multipurpose (Prof. Dr. H. Amin Abdullah) kampus UIN Sunan Kalijaga.

2nd ICCoLaSS 2022 juga membuka kesempatan bagi Mahasiswa, Akademisi, Guru, Dosen, Praktisi, dan Peneliti untuk mengirimkan artikel tentang Hukum, Syari’ah dan masyarakat. Dalam konferensi kolaborasi international ini ada 10 cakupan yang dibahas, diantaranya: Hukum Keluarga, Hukum Ekonomi dan Bisnis, Hukum dan Masyarakat di Era Digital, Islam dan Radikalisme, Isu Islam dan Gender, Hak Asasi Manusia, Hak Anak, Hukum Lingkungan dan Hukum Kesehatan.

Wakil Rektor 2, bidang Administrasi Umum, Perencanaan, Keuangan, Prof. Dr. Phil Sahiron, M.Ag., yang hadir membuka acara mewakili Rektor UIN Sunan Kalijaga mengucapkan terima kasih kepada Fakultas Syari’ah dan Hukum atas kepeduliannya terhadap persoalan Hukum, Syari’ah, dan Masyarakat di era digital seperti saat ini. “Permasalahan Hukum yang terjadi saat ini menurut Prof. Sahiron, sebelumnya pernah terjadi pada zaman Rasulullah, kini hadir kembali dengan versi terbaru dan modern. Prof. Sahiron berharap, sebagai Umat Islam, memahami kembali kehidupan Rasulullah SAW tentu sangat penting. “Kita harus memahami ilmu dari acara ini dengan baik agar dapat menjalani kehidupan ini layaknya Rasulullah SAW,” tuturnya.

Rektor IAIN Kudus dan Rektor UIN Saifuddin Zuhri mengharap akan banyak mendapatkan ilmu dan [pengalaman baru di bidang penerapan hukum positif di era modern saat ini melalui pemaparan berbagai hasil riset di Konferensi kolaborasi berskala Internasional ini, yang dapat menjadi acuan pengembangan akademik di kampus masing-masing. Dan berharap kedepan bakal banyak lagi kerja sama kolaboratif yang semakin baik.

2nd ICCoLaSS 2022 juga menghadirkan Prof. Dr. Hj. Siti Ruhaini Dzuhayatin, M.A. sebagai pembicara terhormat. Prof. Siti Ruhaini membawakan tema “Media Political System nowadays: Liberty, Equality, Fraternity” dalam sesinya. Dalam paparannya Ruhaini antara lain menyampaikan, dunia digital saat ini menjadi kebutuhan yang sangat esensial bagi masyarakat modern, sehingga dibutuhkan untuk mengontrol mereka. “Sistem digital ini sudah mengubah eksistensi masyarakat Muslim dan menjadikan Syari’ah semakin tertantang,” tutur Prof. Siti Ruhaini. Pada era modern ini, media politik diambil berdasarkan kebebasan, persamaan dan persaudaraan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem untuk mengontrol media tersebut.

Selain itu terdapat sederet guest speakers yakni Prof. Dr. Ainee Adam Faculty of Law University of Malaya, Malaysia, Prof. Ratno Lukito., M.A. DCL UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Indonesia, Dr. Su Wai Mon dari Faculty of Law University of Malaya, Malaysia, Prof. DR. Rozanah AB. Rahman School of Business and Economics Universiti Putra Malaysia Malaysia, Prof. Shimada Yuzuru, Nagoya University Graduate School of Law Japan, Dr. Izura Masdina Zakr Faculty of Law University of Malaya Malaysia, Prof. Dr Masykuri Abdillah, Faculty Sharia and Law UIN Syarif Hidayatullah, dakorta, Indonesia, dan Yance Arizona, M.H.M.A.Ph.D Faculty of Law Universitas Gadjah Mada, Indonesia. (Nana, Nurul, Laela, Himas)