Anugerah Prestasi Mahasiswa, Gelorakan Budaya Berprestasi di UIN Sunan Kalijaga

Tahun 2022 merupakan tahun yang penuh anugerah bagi UIN Sunan Kalijaga. Prestasi dari sivitas akademika dan juga rekognisi positif, baik berskala nasional maupun internasional hadir, membersamai UIN Sunan Kalijaga seiring dengan komitmen dan semangatnya yang berkemajuan. Mensyukuri hal tersebut, Anugerah Kalijaga Muda Tahun 2022 hadir sebagai apresiasi UIN Sunan Kalijaga terhadap mahasiswa, fakultas, dan UKM yang berprestasi baik skala nasional maupun internasional. Bertempat di Gedung Prof. H.M. Amin Abdullah (Multipurpose) UIN Sunan Kalijaga, agenda ini berjalan dengan lancar dan meriah, diselenggarakan selama dua hari yakni tanggal 6 dan 7/12/2022.

Sejumlah anugerah prestasi diberikan oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. Phil Al Makin, MA., baik prestasi yang diraih perorangan maupun tim. Turut hadir dalam acara ini Kasi Kemahasiswaaan Kementerian Agama Ri, Dr. Amiruddin Kuba, M.A., Wakil Rektor 1, bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. Dr. H. Iswandi Syahputra, S.Ag, M.Si, Wakil Rektor 3, bidang Kemahasiswaaan dan Kerja sama, Dr. Abdur Rozaki, M.Si., Sekretaris Senat Universitas, Prof. Maragustam, para Dekan Fakultas dan Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Para Kepala Biro, Kabag, Kasubbag, dan Staf pada Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, Para Ketua Organisasi Kemahasiswaan dan UKM, serta mahasiswa dan tamu undangan.

Sebelum pembukaan acara oleh MC Anggi Nugroho dan Ni Galuh Purwanti para hadirin dihibur dengan sajian merdu Shalawat Mizanan dan MTQ dari UKM JQH Al Mizan.Kemudian, beragam pertunjukkan disuguhkan dari UKM PPS Cepedi, Fashion Show Duta Kampus UIN Sunan Kalijaga, UKM Inkai, dan UKM OG Al Jamiah. Rektor UIN Sunan Kalijaga dalam sambutannya secara daring menyampaikan bahwa UIN Sunan Kalijaga bangga dan prestasi yang diraih oleh sivitas akademika merupakan inspirasi yang luar biasa dan berhak mendapatkan apresiasi.Mengawali penyerahan anugerah prestasi, Wakil Rektor 3, bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama, Dr. Abdur Rozaki, M.Si., menyampaikan bahwa Penganugerahan Kalijaga Prestasi UIN Sunan Kalijaga ini akan terus dilaksanakan setiap tahun sebagai panggung kehormatan bagi para mahasiswa yang berprestasi. Saat kampus mengumumkan akan diselenggarakannya Penganugerahan Prestasi Mahasiswa, dapat terjaring 544 per bulan November. Hasil ini menunjukkan peningkatan dari tahun kemarin dengan data sebanyak 474 mahasiswa yang berprestasi baik di tingkat Internasional maupun nasional di tengah kondisi Indonesia yang dilanda pandemi. Kemudian dari 544 orang itu, ada sebanyak 219 orang yang lolos seleksi dan mendapatkan anugerah Kalijaga Prestasi Tahun 2022. “Inilah sumbangan UIN Sunan Kalijaga untuk bangsa UIN Sunan Kalijaga mendunia melalui para mahasiswanya yang berprestasi. Inilah para generasi emas UIN Sunan Kalijaga yang Insyaallah dengan prestasinya tidak hanya harumkan nama UIN Sunan Kalijaga, namun juga mengharumkan nama bangsa”, kata Dr. Abdur Rozaki pada sambutannya,

Selain itu terdapat penghargaan UKM Kreatif Produktif diberikan Kepada UKM Teater Eska, penghargaan UKM Jurnalisme Progresif diberikan kepada UKM Lembaga Pers Mahasiswa “Arena”, penghargaan UKM Peduli Kemanusiaan diberikan kepada UKM KSR PMI, Penghargaan Fakultas Kategori Prestasi Mahasiswa Terproduktif diberikan kepada Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam, dan The Best Inspiration Student 2022 diberikan kepada Fahrul Nurkolis. Mahasiswa Fak. Saintek, Prodi Biologi, yang saat acara penganugerahan diwakili oleh prodi. Hal ini dikarenakan Fahrul Nurkolis sedang menjadi presenter dalam konferensi ilmiah di Tokyo, Jepang, sehingga tidak dapat hadir membersamai secara luring.

Dr. Abdur Rozaki juga mengumumkan pada malam puncak penganugerahan Kalijaga Berprestasi Tahun 2022, terdapat Launching Buku Mendunia Melalui Prestasi, sebagai media untuk mengabadikan jejak inspiratif dan prestasi mahasiswa. Tidak hanya memuat kisah pencapaian semata, namun juga tertuang lika-liku perjuangan dan bagaimana memulai, serta bagaimana agar dapat memaksimalkan potensi melalui kolaborasi. “Adanya launching buku ini juga menandai bahwa prestasi UIN Sunan Kalijaga sekarang tidak hanya di level nasional tapi sudah naik level internasional”, pungkasnya.

Kasi Kemahasiswaan Kemenag RI, Dr. Amiruddin Kuba, sangat memberikan apresiasi positif atas terselenggaranya Anugerah Kalijaga Prestasi tahun 2022. Pihaknya menyampaikan, perhelatan ini memberikan inspirasi sekaligus motivasi baginya untuk dapat melaksanakan program serupa namun dengan tingkat nasional.

“Satu kata untuk Anugerah Kalijaga Berprestasi ini, adalah WOW. Saya selaku Kasi Kemahasiswaan dari tadi berpikir, di tingkat nasional apa ya kira-kira, mungkin nanti tingkat nasional program mahasiswa kita bisa kita beri nama Anugerah mahasiswa prestasi PTKI se-indonesia dan ini tidak susah karena kita sudah mengambil contoh di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.”

Pihaknya menyampaikan bahwa Kementerian Agama RI serius dalam meningkatkan kualitas dan prestasi. Beragam apresiasi diberikan agar dapat menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat untuk mahasiswa, salah satunya adalah uang pembinaan dari program Kementerian Agama. Melalui kesempatan ini, Dr. Amiruddin Kuba menyampaikan bahwa Kemenag menawarkan kepada mahasiswa untuk dapat mengajukan permohonan kaitannya untuk meningkatkan kegiatan-kegiatan mahasiswa yang ada di UIN Sunan Kalijaga.

“Saya mewakili Kementerian Agama mengapresiasi yang sangat tinggi atas kegiatan ini yang menjadi pelopor untuk PTKI yang lain. Saya juga melihat bahwa prestasi yang diraih oleh teman-teman dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu tidak kalah dengan prestasi yang lain. Buku Mendunia Melalui Prestasi, itu, luar biasa. Dan saya juga nanti akan menawarkan kepada Wakil Rektor 3 UIN Sunan Kalijaga untuk membantu kementerian agama dalam menyusun buku juga pada level nasional,” ujar Dr. Amiruddin Kuba.

Seusai sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan penganugerahan Kalijaga Prestasi, launching buku Mendunia Melalui Prestasi, penampilan Tari Gemrantang Jati dari UKM Kalimasada, dan Musikalisasi Sastra Kolaborasi UKM Sanggar Nuun, Teater ESKA dan PSM Gita Savana, serta pembagian doorprize. (Tim Humas)