Srikandi Muda UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Bersuara tentang Keadilan Gender

Belum lama ini dua orang dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Lien Iffah Naf’atu Fina , M. Hum., M.A (Dosen Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam) dan Siti Nur Hidayah, M. Sc (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan) mengikuti forumAustralian Award Indonesia on Islamic Women’s Leadership Development Program. Sepulang mengikuti forum tersebut, mereka berdua mengadakanWorkshop and Sharing Session bertajukKepemimpinan Dosen Muda Perempuan (Potensi, Tantangan dan Harapannya di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Rabu (10/1/2018) bertempat di Gedung Saefuddin Zuhri lt. 1. Acara tersebut sebagai tindak lanjut dariAustralian Award Indonesia, sebagai wadah untuk saling berbagi, membangun ikatan, dan memberikan motivasi antar dosen perempuan untuk terus meningkatkan kompetensi keilmuan di bidangnya masing-masing.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag. Dalam sambutan pembukaan Dr. Waryono menyampaikan bahwa, di kampus UIN Sunan Kalijaga juga masih ada gap baik kepemimpinan maupun karier antara laki-laki dan perempuan. Contohnya, dari 30 orang profesor di UIN, hanya 2 orang profesor perempuan, yaitu Prof. Syafa’atun Al Mirzanah dari Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam dan Nurlaelawati, M.A, Ph.D., yang sebentar lagi akan menyusul.

Pada sesi Sharing Sessionsemua peserta dipandu untuk menyampaikan pendapat tentang women’s leadership,dilanjutkan dengan membuatleadership journey. Dan menghadirkan perempuan inspirator Nurlaelawati, M.A, Ph.D dan Ro’fah S.Ag, BSW, M.A, Ph.D. Keduanya adalah dosen perempuan di UIN Sunan Kalijaga yang memiliki memiliki karier bagus, pasangannya juga berkarier bagus, dengan keberadaan keluarga yang harmonis. Dengan dipandu dua orang inspirator ini, masing-masing peserta menyampaikan kisah perjalanan kehidupan mereka kepada peserta yang lain. Dari sesi tersebut dapat dipetakan beberapa potensi, tantangan serta strategi untuk bisa meningkatkan kompetensi dari dosen-dosen perempuan di kampus UIN Sunan Kalijaga. Workshop andSharing Sessionini mampu menggerakkan semangat para peserta dan memberikan wadah sebagai kebutuhan mereka untuk menuangkan aspirasi (Khabib)