Siap Raih Prestasi OASE II PTKI 2023, UIN Sunan Kalijaga Gelar Karantina dan Pelatihan Kontingen

UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan program pelatihan dan karantina bagi Kontingen Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE) PTKI II Tahun 2023. Program pelatihan dan karantina ini dilaksanakan di Hotel Java Village Resort pada tanggal 11 s.d. 12/06/2023, bertujuan untuk memberikan pembekalan dan motivasi kepada kontingen dalam menghadapi babak final OASE yang akan segera datang.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Abdur Rozaki, M.Si., menekankan pentingnya membangunTeam Building sebagai aspek utama dalam pembekalan kontingen. Melalui Team Building, anggota tim diharapkan dapat meningkatkan kerjasama di antara mereka untuk mencapai tujuan bersama. Selain itu, penting bagi anggota tim untuk saling mengenal, dan memperkuat kekompakan untuk bekerja secara efektif sebagai satu kesatuan.guna menghadapi tantangan dengan lebih baik.

Dr. Abdur Rozaki, M.Si., mengibaratkan perjalanan kontingen dalam menghadapi babak final OASE sebagai perahu Nabi Nuh yang berlabuh bersama untuk mencapai tujuan yang sama. Dalam konteks ini, penting bagi seluruh anggota tim untuk bekerja bahu-membahu dan berkolaborasi.

"Menjadi sebuah tim itu tidak mudah. Karena terdiri dari berbagai latar belakang dan sifat. Untuk itu kita harus menyamakan visi misi untuk menuju sebuah kesuksesan." ujar Dr. Abdur Rozaki.

Selanjutnya, Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Dr. Ahmad Salehudin, M.A., juga memberikan pembekalan dan motivasi kepada kontingen. Ia mendorong peserta untuk menjaga kondisi fisik dan kesehatan agar dapat berlomba dengan prima. Dr. Ahmad Salehudin juga memberikan pemahaman tentang teori perang, dimana pelatihan dan karantina di sebuah Camp memiliki peran penting dalam mempersiapkan tim. Dengan membaca medan dan strategi lawan, tim dapat menguasai ruang kosong dari lawan dan melakukan strategi terbaik untuk menghalau mereka.

OASE PTKI II Tahun 2023 diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, dan merupakan wadah bagi UIN Sunan Kalijaga serta perguruan tinggi keagamaan Islam lainnya untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berbagai bidang. Serta mempersiapkan mereka menjadi generasi inovatif dan moderat yang dapat berkontribusi dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) secara global. Dengan adanya kompetisi ini, diharapkan mahasiswa dapat terus meningkatkan motivasi belajar, kreativitas, dan daya saing untuk mencapai prestasi yang gemilang.

"Jadikan OASE ini menjadi momentum pembuktian bagi Anda, bahwa Anda mampu berprestasi dan memberikan yang terbaik bagi almamater, UIN Sunan Kalijaga." pungkasnya.

Program pembekalan dan karantina ini diikuti oleh 42 mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang lolos ke babak final OASE PTKI II 2023. Peserta tidak hanya mendapatkan pembekalan dan motivasi dalam menyongsong babak final kompetisi OASE, tetapi juga diberikan penjelasan mengenai persiapan keberangkatan serta penjelasan teknis babak final yang akan diselenggarakan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mulai tanggal 14 hingga 17/06/2023. Harapannya, kontingen dapat memperoleh dampak positif yang signifikan dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi babak final OASE. Program ini juga menjadi sarana penting untuk meningkatkan keterampilan kerjasama, kekompakan, saling dukung, dan pemahaman dalam tim, sehingga kontingen UIN Sunan Kalijaga dapat tampil maksimal dan meraih kesuksesan. (Ihza/Doni/Alfan)