Semakin Mendunia, UIN Sunan Kalijaga Bermitra Dengan Goshen College, Amerika Serikat

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan kerja sama kemitraan dengan Goshen College, Amerika Serikat. Hubungan kerja sama kemitraan ini tertuang dalam perjanjian kerja sama antara Institute for Indonesian Academic Partnerships (IIAP) , Goshen College, dengan UIN Sunan Kalijaga yang ditanda tangani oleh Direktor IIAP, Goshen College, J. Leslie Redfern, Jr., dan Wakil Rektor 3, Dr. Abdur Rozaki. Hadir pada agenda kali ini antara lain, dari UIN Sunan Kalijaga; Plh. Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Sahiron, Wakil Rektor 3, bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama, Dr. Abdur Rozaki, Ketua International Office, Ambar Sari Dewi, Ph.D., Ketua Dialogue Center, Drs. Radino, M.Ag., Dekanat. Delegasi dari Goshen Collage antara lain; The Program Leaders, Goshen Collage’s Director of Global Engagement, Jan Shatler, The SSt 2024 Leader, Susan Setiawan, dan Dorector IIAP, Goshen Collage, J. Leslie Redfern, Jr.

Prof. Sahiron saat mengawali prosesi penandatanganan naskah perjanjian menyampaikan, melalui kerja sama kemitraan luar negeri ini, UIN Sunan Kalijaga ingin memantapkan eksistensinya di kancah global. Mengawali program-program kerja sama kali ini, kampus UIN Sunan Kalijaga akan kedatangan sejumlah 16 Mahasiswa dari Goshen College. Di kampus UIN Sunan Kalijaga mereka nanti akan belajar tentang banyak aspek dari berbagai Prodi, kegiatan kemahasiswaan dan program-program pengabdian masyarakat. Mereka juga dapat mendalami studi ke-Islaman yang terimplementasi dalam pembelajaran kuliah, program-program riset dan pengabdian kepada masyarakat. Yang kemudian akan dikembangan di lingkup akademik di kampusnya. UIN Sunan Kalijaga pada waktunya juga akan berkunjung ke Goshen Collage dalam program pertukaran Mahasiswa, pertukaran Dosen baik dalam program -program pengembangan akademik maupun pembelajaran Bahasa Inggris. Kerja sama kemitraan bisa dilakukan antar Prodi, atau antar Fakultas yang akan dikoordinasikan oleh LPPM UIN Sunan Kalijaga.

Sementara itu Leslie Redfern menyampaikan, Institute for Indonesian Academic Partnerships (IIAP) merupakan program Goshen College yang didirikan untuk membangun kemitraan antara universitas di Amerika Utara dengan Indonesia, serta organisasi nirlaba untuk mengembangkan pendidikan dan layanan masyarakat yang saling menguntungkan dengan komitmen untuk mempromosikan perdamaian dan keadilan. Dalam kemitraan yang dibangun, kedua belah pihak memiliki tanggungjawab untuk mempromosikan program-program kolaboratif, menuju tercapainya lapangan pekerjaan berkelanjutan, berkeadilan dan kesetaraan, serta membangun ketahanan dan ketangguhan masyarakat lokal, baik di lingkup Indonesia dan Amerika Utara. Ruang lingkup kerja sama kemitran adalah: Pembelajaran lintas budaya, pembelajaran bahasa Indonesia dan Inggris, program-program kursus di Indonesia dan Amerika Utara, pertukaran akademik, konsultasi, dan proyek kolaboratif tentang topik-topik termasuk; perdamaian dan rekonsiliasi, dialog dan kerja sama antaragama, kelestarian lingkungan dan pemulihan ekologi, kesehatan dan pembangunan masyarakat, kewirausahaan Sosial.

Bentuk kemitraan dapat meliputi: Kuliah tamu di kelas atau konferensi (jarak jauh atau tatap muka). Proyek penelitian dan publikasi bersama (hibrida, tatap muka, dan jarak jauh). Mengajar kelas (jarak jauh atau tatap muka).Proyek hari Sabat. Kerja sama dalam proyek pengembangan masyarakat. Dan program sarjana tamu.

Usai penandatanganan naskah kerja-sama kemitraan dilanjutkan Focus Group Discussion membahas program pertukaran Mahasiswa yang akan segera dilaksanakan, diawali dengan pengiriman 16 Mahasiswa Goshen College ke UIN Sunan Kalijaga melalui Program Study Service Term. (Weni/Doni)