The 2nd International Conference Islamic Economics and Business FEBI UIN Suka Melibatkan 23 Universitas dari Berbagai Negara

The 2nd International Conference Islamic Economics and Business FEBI UIN Suka

Melibatkan 23 Universitas dari Berbagai Negara

Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan The 2nd International Conference Islamic Economics and Business (ICIEB) 2023, 5-6/9/2023. Acara yang diselenggarakan di Gedung Prof. R.H.A. Soenardjo, S.H., kampus UIN Sunan Kalijaga ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun yang diselenggarakan oleh FEBI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai wujud dan komitmennya untuk mengudara di kancah internasional. Seperti yang disampaikan oleh Dekan FEBI, Dr. Afdawaiza, S.Ag., M.Ag, dalam opening remark, “FEBI akan berkomitmen, sebagai institusi pendidikan, yang dapat menjembatani gap dalam hal pengetahuan dan praktek, melalui international conference ini.”

Disampaikan Afda Waiza, acara ini mengusung tema “Islamic Economics Momentum for SDGs in The Digital Era Transformation”. The 2nd ICIEB 2023 dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring), di Gedung Prof. R.H.A. Soenardjo/Convention Hall kamp;us UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta serta memanfaatkan media zoom sebagai media untuk peserta dari luar negeri.

Pada hari pertama (5 Oktober 2023), diadakan agenda International Conference, melibatkan 6 narasumber dari luar negeri dan dalam negeri, diantaranya adalah Prof. Dr. Marco Tieman (Chief Executive of The International League of Nations), Prof. Dr.Misnen Ardiansyah (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia), Ahmad Zaky (Deputy for Legal and Compliance of BPKH), Prof. Dr. Syafiq Mahmadah Hanafi (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia), Prof. Dr. Mansor H. Ibrahim (Deputy President Academic INCEIF), Akhmad Akbar Susamto, SE, M.Phil., Ph.D (Gadjah Mada University, Indonesia). Sementara Total jumlah peserta mencapai 361 orang yang mengikuti secara langsung, yang terdiri dari; Mahasiswa, Dosen, Civitas Akademika UIN Sunan Kalijaga dan Co-host.

Pada hari kedua (6 Oktober 2023), agenda yang diusung adalah presentasi call for paper. Total paper terpilih yang dipresentasikan sejumlah 61 paper dari 23 universitas, baik dalam maupun luar negeri. Call for paper ini menjadi salah satu wujud FEBI UIN Sunan Kalijga untuk turut berkontribusi dalam mengembangkan isu-isu terkini.

Dr. Afda Waiza selaku Pimpinan Fakultas berharap, terselenggaranya The 2nd ICIEB 2023 menjadi salah satu strategi perwujudan cita-cita FEBI UIN Sunan Kalijaga untuk menuju world class university. Melalui International Conference dan Call for Papers sebagai rangkaian bentuk kegiatannya. FEBI UIN Sunan Kalijaga berharap dapat berkontribusi dalam pengembangan ide, gagasan, dan solusi mengenai isu-isu terkini yang relevan terhadap akselerasi keilmuan Ekonomi Islam dan SDG di era transormasi digital saat ini. Hal ini juga bisa dilihat dari riset-riset yang dihasilkan dari kegiatan Call for Papers dan diteruskan dalam bentuk proceeding dan publikasi dalam jurnal yang menjadi bukti nyata kontribusi FEBI UIN Sunan Kalijaga dalam pengembangan keilmuan dan peradaban. Tak lupa Dr. Afda Waiza menyampaikan terima kasihnya kepada Tidak lupa, FEBI UIN Sunan Kalijaga mengucapkan banyak terima kasih kepada Bank Syari’ah Indonesia, BNI, Bumi Aksara Group, PT Hutama Hanriz Indonesia, PT Asuransi Umum Bumida, yang telah berkenan menjadi sponsor untuk mendukung dan mensukseskan acara 2nd ICIEB. (Weni)