Malam Grand Final Penobatan Duta Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2023

UIN Sunan Kalijaga kembali menyelenggarakan Ajang Duta Kampus 2023. Grand Final Duta Kampus UIN Sunan Kalijaga tahun 2023 dilaksanakan di Gedung Multypurpose, kampus setempat, 18/10/2023. Malam grand final penobatan Duta Kampus pada tahun ini mengusung tema “Establishing Collaboration for Progressive Youth”.

“Tema pemilihan Duta Kampus tahun ini adalah Establishing Collaboration for Progressive Youth, sebagai Duta Kampus kita bisa menjadi penghubung antara UIN Sunan Kalijaga, Mahasiswa, dan masyarakat luas. Dengan demikian kita berkontribusi menciptakan kolaborasi yang memajukan pemuda serta menjaga citra positif kampus kita.” ujar Naufal Daffa Ulhaq selaku ketua panitia dalam sambutannya.

Ajang Duta Kampus sendiri merupakan ajang pemilihan putra-putri terbaik kampus yang akan berperan penting dalam mewujudkan visi-misi kampus dan menjadi barisan terdepan untuk mempromosikan UIN Sunan Kalijaga secara nasional maupun internasional.

Setelah melewati berbagai tahapan seleksi, mulai dari seleksi berkas, wawancara, technical meeting, karantika, dan unjuk bakat terpilihlah 10 putra terbaik dan 10 putri terbaik UIN Sunan Kalijaga sebagai finalis Ajang Duta Kampus 2023. 20 besar finalis Duta Kampus bersaing memperebutkan juara 1, 2, 3, harapan 1, dan harapan 2 di malam Grand Final Penobatan Duta Kampus UIN Sunan Kalijaga 2023.

“Beberapa hari yang lalu para finalis berjumlah 20 orang berkunjung ke ruang Rektor. Mereka semuanya lancar dalam berbagai Bahasa Asing. Ini aset yang luar biasa bagi kampus UIN Sunan Kalijaga. Banyak finalis yang fasih bahasa Inggris, ada yang fasih berbahasa Jepang, dan ada satu lagi yang memakai bahasa isyarat. Dibandingkan dengan tahun lalu ada satu yang berbahasa Perancis yang kebetulan sebagai ketua panitia. Dan saya harap Duta Kampus ini tidak hanya beauty, tetapi sebagaimana juga tradisi kita brave dan behaviour bisa memegang peranan lebih penting lagi.” ujar Prof. Dr. Phil. H. Al Makin, S. Ag., M.A. dalam sambutannya saat membuka malam Grand Final.

Turut hadir membersamai Rektor UIN Sunan Kalijaga, Wakil Rektor 1, bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. H. Iswandi Syahputra, Wakil Rektor 3, bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama yang juga selaku pembina Duta Kampus, Dr. Abdur Rozaki, S. Ag., M. Si., para Dekan dan Wakil Dekan UIN Sunan Kalijaga, Kepala Biro AUK, Dr. Ali Sodik, Miss Indonesia DIY 2022.

“Animo Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga mengikuti event ini dari tahun ke tahun cukup meningkat. Tahun ini hampir 100 lebih pendaftar yang mengikuti seleksi, kemudian masuk ke babak final hanya tinggal 20 orang, 10 orang Mahasiswa dan 10 orang Mahasiswi. Kami sangat senang karena dari 20 orang ini 8 fakultas masuk ke dalam babak final ini. Tentu ini pertarungan yang sangat ketat, seleksi awal merupakan seleksi paling ketat.“ tutur Dr. Abdur Rozaki selaku pembina Duta Kampus.

Sementara itu para finalis yang berhasil mengikuti kompetisi Grand Final, dan juga membawa penghargaan sebagai pemenang adalah: Juara 1 Putra Abdul Malik Lubis (Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam), Juara 1 Putri Adillya Zahrotul Jannah (Fakultas Adab dan Ilmu Budaya), Juara 2 Putra Narasurya Ray Pasad (Fakultas Syariah dan Hukum), Juara 2 Putri Faiz Zulfa Sulthona (Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora), Juara 3 Putra Rafel Julio Satriadi (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam), Juara 3 Putri Nurul Yaumil Fitri (Fakultas Dakwah dan Komunikasi), Juara Harapan 1 Putra Ahmad Nasruddin (Fakultas Syariah dan Hukum), Juara Harapan 1 Putri Eva Mar’atus Solihah (Fakultas Sains dan Teknologi), Juara Harapan 2 Putra M. Azfar Rifki (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan), Juara Harapan 2 Putri Fadlah Nur (Fakultas Syahriah dan Hukum), Juara Terfavorit Putra Faiz Nur Hailal (Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora), Juara Terfavorit Putri Maulida Dwi Handayani (Fakultas Dakwah dan Komunikasi), Juara Advokasi Putra Muhammad Dedad Fajarsodiq Akastangga (Fakultas Sains dan Teknologi), Juara Advokasi Putri Ahsin Darojat (Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam), Juara Persahabatan Putra Muhammad Zahir Daffa ‘Lilhaq (Fakultas Syariah dan Hukum), Juara Persahabatan Putri Syifa Alifatul Azkia (Fakultas Sains dan Teknologi), Juara Intelengensia Putra Dedi Irawan (Fakultas Adab dan Ilmu Budaya), Juara Intelengensia Putri Rani Octavianur (Fakultas Dakwah dan Komunikasi), Juara Berbakat Putra Anggara Ari Purnama (Fakultas Ilmu dan Keguruan), Juara Berbakat Putri Tsania Dinda Fahira (Fakultas Ilmu dan Keguruan). (Putri/Elfa/Bella/Ozi).