FISHUM UIN Sunan Kalijaga Helat Enjoy Camp Untuk Menginspirasi Generasi Muda ASEAN

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menghadirkan acara tahunan yang dikenal dengan Enjoy Camp (International Youth Camp). Acara Enjoy Camp tahun ini dihelat dengan menggalang dan memfasilitasi proyek-proyek sosial generasi muda di ASEAN. Proyek tersebut kemudian dibahas, dinilai dan disebarkan ke publik sebagai karya dan kontribusi anak muda kepada Indonesia dan ASEAN. Agenda pengembangan akademik UIN Sunan kali ini digelar di Hotel De Laxston Yogyakarta, Jl. Urip Sumoharjo, Klitren, Gondokusuman, 7 s/d 9/11/2023.

Dalam keterangan presnya, ketua panitia Dwi Nur LaelaFithriya, M.A., menjelaskan, acara yang mengangkat tema “How Can Youth Engage in Southeast Asia’s Future?” ini menfasilitasi proyek sosial pemuda ASEAN dalam batasan tiga topik: Youth & environment, Youth & democracy dan Youth & Multiculturalism. Antusiasme pemuda ASEAN terbukti membeludak. Puluhan proyek diikutkan dan panitian memilih maksimal hingga 20 proyek sosial yang disesuaikan dengan tiga topik di atas.

“Semua projek tersebut dipresentasikan di depan para ahli dan pembahas, kemudian dipilih 3 pemenang yang memperebutkan hadiah dan reward dari panitia,” ujar Dwi Nur LaelaFithriya.

Sementara itu, Dekan FISHUM, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si., menambahkan, acara ini diharapkan menjadi platform yang inspiratif dan bermanfaat bagi para pemuda dari ASEAN yang berkumpul untuk berbagi pengalaman, belajar, dan memperluas wawasan mereka terkait aktivisme dan inisiatif sosial. Kegiatan ini menghadirkan berbagai kegiatan menarik, seperti seminar dengan para ahli, lokakarya kreatif, diskusi panel, dan fieldtrip yang dirancang untuk memberikan nilai tambah bagi peserta.

Di acara seminar, para ahli seperti Fahri Salam (Chief Editor of Multatuli), Dr. Nina Mariani Noor, SS., MA. (Head of Magister Study Program International Islamic Studies UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), dan Dr. Meredian Alam (ahli lingkungan dari Universiti Brunei Darussalam) diundang untuk memperkaya isu-isu kepemudaan di ASEAN.

Acara panel dan sharing projek juga diisi oleh pembahas yang sekaligus ahli di bidangnya, seperti Greg Sindana (Ketjil Bergerak, Yogyakarta), Muhammad Khatibul Umam (Head of Biro Pengabdian Masyarakat Pondok Pesantren Annuqayah), dan Imas Lu'ul Jannah (Institute of Southeast Asian Islam, UIN Sunan Kalijaga). Mereka membahas proyek-proyek terpilih dari semua peserta dari Indonesia dan Thailand.

“Acara Enjoy Camp tahun ini sengaja didesain menyoroti isu-isu global yang relevan di ASEAN, seperti isu lingkungan, demokrasi dan multikulturalisme,” imbuh Dwi Nur LaelaFithriya, M.A., yang sekaligus Dosen di Prodi Sosiologi UIN Sunan Kalijaga.

Enjoy Camp mengundang pemuda dari ASEAN untuk membahas proyek-proyek sosial mereka. Tujuannya adalah untuk menularkan inspirasi kepada kamu pemuda lainnya. “Proyek sosial penting kami sorot karena sebenarnya anak muda biasa menginisasi proyek demikian untuk lingkungan mereka masing-masing. Nah, karya demikian layak kita angkat, sebarkan ke media agar menjadi inspirasi bagi para pemuda yang lain, pungkas Dwi Nur Fithriya. (Weni, Alfan)