UINSunan Kalijaga Menginisiasi Kerjasama Internasional dengan University of Princess Narashiws, Thailand


Dalam rangka meningkatkan jaringan internasional, UIN Sunan Kalijaga menyambut kunjungan dan penjajagan kerjasama internasional dari Princess of Naradhiwas University (PNU) Thailand. Acara ini dilaksanakan pada hari Jum'at, 23 Februari 2024, pukul 13.00-15.00 WIB yang bertempat di Ruang Rapat Lt. 2 Gedung Prof. KH. Saifuddin Zuhri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Acara yang penting ini dihadiri oleh Bapak Rektor Prof. Dr. Phil. Al Makin, M.Si., Bapak Wakil Rektor III Dr. Abdur Rozaki, M.Ag., para Dekan, Para Kabiro AAKK dan AUK, Kepala bagian Kerjasama, para Wakil Dekan, Ketua IO Universitas dan segenap tamu undangan,acara ini dipandu oleh Ibu Dr.rer.medic Esti W. Widowati. Sedangkan untuk tamu yang hadir dari delegasi PNU Thailand di antaranya Asst. Prof. Dr. Preccha, Assoc. Prof. Dr. Rossukon Sangmanee, Assoc. Prof. Dr. Siriphan, Dr. Abideng Hawa, Assoc. Prof. Dr. Anis Pattanaprichawong, Mr. Alee Jehlae, Mrs. Mareeyah Puteh, Asst. Prof. Shahidin Nitiphak, Mr. Sulaiman Smahae, Asst. Prof. Dr. Kannapa, Asst. Prof. Tidarat Wangsawat.

Acara ini merupakan bentuk keseriusan UIN Sunan Kalijaga untuk terus meningkatkan kwalitas di dunia internasional. Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan “kunjungan ini sangat bagus sekali untuk kerjasama dalam bidang pendidikan misalnya untuk Program Studi Tehnik atau Fakultas Sains dan Teknologi”, ucapnya. UIN Sunan Kalijaga sejatinya telah memiliki berbagai kegiatan akademik ke Thailand, misalnya saja international student mobility di berbagai universitas di Thailand, namun rupanyauntuk MoU (Memorandum of Understanding) antara UIN Sunan Kalijaga dengan Princess of Naradhiwas University (PNU) Thailand belum dilakukan, untuk itu di harapkan nantinya kita bekerjasama dengan penandatangan MoU di Thailand imbuhnya.

Setelah MoU antar kedua belah pihak terwujud, bisa diadakan student exchange or visiting scholar dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa di laksanakan. Ketua tim delegasi PNU Thailand Asst. Prof. Dr. Preccha merespon baik inisiasi ini dan sangat siap untuk menyambut balik kunjungan dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan siap juga untuk melakukan MoU.

Sesi terakhir, dilakukan diskusi dari Dekan FADIB, FEBI, Syariah dan Hukum, Ushuluddin dan lainnya menyampaikan program program yang pernah dilakukan dan juga membuka untuk kerjasama dengan PNU serta sharing terkait program yang kemungkinan bisa dikerjakan dalam waktu dekat. Semoga dengan adanya pertemuan ini, kedua belah pihak mampu meningkatkan mutu pendidikan di panggung internasional. (Humas)