13 Calon Rektor UIN Sunan Kalijaga Sampaikan Visi Misi


Setelah adanya Pertimbangan Kualitatif yang di berikan oleh Anggota Senat, dalam rangka proses pemilihan Rektor baru Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, sebanyak 13 bakal calon Rektor menghadirkan diri untuk menyampaikan visi dan misi mereka dihadapan para Anggota Senat UIN Sunan Kalijaga. Calon Rektor yang menyampaikan visi dan misi, diharapkan akan memberikan pilihan yang beragam bagi civitas akademika UIN Sunan Kalijaga dalam menentukan arah pembangunan universitas ke depan.
Nomor urut pertama Penyampaian Visi Misi, di sampaikan oleh Prof. Dr. Phil. Sahiron, M.A. Prof. Dr. Phil. Sahiron, M.A memiliki salah satu target utama “Menjadikan UIN Sunan Kalijaga Pusat Integrasi Keilmuan dan Keislaman yang mengakar kuat secara nasional dan diakui secara global”. Memiliki salah satu visi untuk “Meningkatkan Ke-BLU-an UIN Sunan Kalijaga dan menjadikan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH)”.

Sedangkan Prof. Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag, M.Hum, MA mengangkat Visi UIN Sunan Kalijaga menjadi penanda Tempat Studi Islam yang Unggul, baik di Tingkat Regional, Nasional, maupun Internasional, serta menjadi Kiblat bagi siapapun yang memiliki Konsern Studi Islam, yang tidak hanya berhenti pada diskursus tetapi juga praktek Islam yang Humanis, Etis, Egaliter, dan Inklusif-Moderat.

Prof. Dr. H. Iswandi Syahputra, M.Si, Calon Rektor nomor urut 3 juga memiliki misi “UIN SUKA MODERAT : Modernisasi Pengelolaan Perguruan Tinggi, Egaliter dengan Kepemimpinan Inklusi, Beragam dalam Pemikiran, Berbeda dalam Keyakinan, Bhinneka dalam Suku dan Daerah dalam Iklim Toleransi, Terkemuka melalui Rekognisi Nasional, Regional dan internasional”.

Tidak kalah dengan Calon Rektor lain, Prof. Alimatul Qibtiyah S.Ag., M.Si, M.A., Ph.D. memiliki program salah satunya “Konsisten Menjalankan Sistem Monitoring dan Evaluasi, serta Rekam Jejak Kinerja Dosen dan Tenaga Kependidikan, Gerakan tuntas S3 untuk Dosen, dan Meningkatkan Kemandirian Finansial, 70% biaya operasional dapat dibiayai dengan pendapatan BLU yang diperoleh pada tahun berjalan. Pendapatan diharapkan meningkat sebesar 20% setiap tahun selama periode ini.

Peningkatan Mutu Lulusan melalui Pendidikan dan Pengajaran yang Adaptif terhadap Perubahan, Peningkatan Kreativitas, Prestasi, dan Akhlak Mulia Mahasiswa, Peningkatan Kualitas Dosen dan Staf, dan Peningkatan Efektivitas, Efisiensi, Transparansi dan Akuntabilitas Pelaksanaan Program”. Visi yang disampaikan oleh Prof. Noorhaidi, S.Ag., M.Phil., Ph.D

Prof. Dr. Khurul Wardati, M.Si juga menawarkan beberapa program dalam momen ini. Beliau memiliki program dan rencana strategis yaitu “Memiliki visi-misi dan target yang jelas, Keteladanan dan Integritas, Kekuatan Team Work, Inovatif dan Antusias, Manajemen Resiko, Monev, Bencmarking, dan Adaptif”.

“Menjadikan Universitas Berbudaya, Enterpreneurship, Inovatif, Maju; Akuntabel, Berkeadaban yang Unggul dalam menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi dan mewujudkan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Bereputasi Internasional” merupakan Visi dari Prof Dr. Drs. H. Makhrus, SH, M.Hum, C.Med.

Dr. Phil. H. Al Makin, S.Ag., MA selaku Rektor periode sebelumnya juga ikut memaparkan Visi Misinya. Al Makin memberikan penjabaran Visi melalui Misi “UIN Sunan Kalijaga untuk Bangsa: Indonesia Emas 2045, Moderasi Beragama, Keragaman, kebhinekaan, dan antar iman, Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Afirmasi Nusantara Program 3 T, Responsif dan Kontributif pada semua Isu Nasional, Digitalisasi, Pendekatan Budaya dan Seni, Pembangunan Kampus 2 Pajangan, Layanan Efesien, Cepat, dan Serba Digital, Merangkul semua iman dan kelompok. UIN Sunan Kalijaga mendunia Ciri Khas dan Daya Jual Global, Honoris Causa Internasional, Ranking dunia, Pertukaran ilmuan internasional, Kelas Internasional Kerjasama internasional berbagai bentuk”.

Disusul oleh Prof. Dr. Nurdin, S.Ag., S.S., M.A pemaparan Visi Misi. Beliau memiliki visi “Memperkuat Budaya Mutu Tridarma Perguruan Tinggi dengan prinsip Good Governance untuk Meningkatkan Rekognisi Lokal dan Global. Kemudian salah satu misinya yaitu Mengembangkan Manajemen Universitas dalam mewujudkan Fleksibilitas Program Pendidikan dan Pengembangan”.

Prof. Dr. Sigit Purnama, M.Pd menjadi pemapar berikutnya, dengan visi “Menjadikan UIN Sunan Kalijaga sebagai perguruan tinggi Unggul dan Inovatif dalam Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, yang mampu menghasilkan Lulusan Berkualitas, Berakhlak Mulia, dan Kompetitif di Tingkat Global pada Tahun 2028”. Dengan segala tantangan UIN Sunan Kalijaga, dan juga salah satu program yang diusung adalah “Penciptaan Suasana Lingkungan Kampus yang Asri, Keagamaan, dan Ilmiah”.

Disambung oleh Prof. Dr. Misnen Ardiansyah, S.E., M.Si., Ak., CA., ACPA, beliau memiliki visi “Memastikan Terimplementasikannya Pembangunan Sistem yang Unggul, Modern, dan Moderat dalam Pelayanan, Pengajaran, Daya Serap Lulusan, dan Riset (excellence of service, teaching, graduate employability, & research) untuk mewujudkan Universitas Pengajaran dan Riset Internasional (World Class of Teaching and Research University)”. Secara umum, Misnen memiliki program yang akan mengikuti guide-line yang ada pada RENSTRA (Rencana Strategis) dan RENIP (Rencana Induk dan Pengembangan ) UIN Sunan Kalijaga dengan beberapa kebijakan kunci: Moderenisasi, Integrasi, Moderasi, dan Internasionalisasi.

Visi Misi calon rektor ke 12 oleh Prof. Dr. Syafiq Mahmadah Hanafi, S.Ag., M.Ag. “Menjadikan UIN Sunan Kalijaga menjadi perguruan tinggi yang Unggul dan Terkemuka Melalui Tata Kelola yang Baik, Kondusif, dengan Kepemimpinan Kolektif Kolegial dan Enterpreunership university pada Tahun 2028”. Selain itu Syafiq juga akan meningkatkan Kualitas Dosen dan Staf.

Ditutup pemaparan terakhir, oleh Prof. Dr. Arif Maftuhin, M.Ag., M.A., yang memiliki tiga prinsip kepemimpinan yaitu “Kepemimpinan Etis, Kepemimpinan Kolaboratif dan Kepemimpinan yang Melayani”. Arif Maftuhin, juga akan memiliki program peningkatan Mutu Universitas yang Diklasifikasikan dalam Empat Tema Utama yaitu “Tata Kelola Universitas, Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Publikasi, serta Alumni dan Kerjasama”.

Setelah tahapan penyampaian visi dan misi oleh para Calon Rektor, proses pemilihan Rektor akan dilanjutkan dengan tahapan-tahapan berikutnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ungkap Prof Kamsi selaku Ketua Senat Universitas dalam menutup acara kegiatan tersebut. (tim humas)