Kegiatan Pengajian Syawalan DWP UIN Sunan Kalijaga: Mempererat Silaturahmi dan Memaafkan

Pada hari Jumat, 3 Mei 2024, pukul 08.30, Atrium lantai 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, dipenuhi oleh kehangatan dan keceriaan dalam acara Kegiatan Pengajian Syawalan Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Sunan Kalijaga. Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk Rektor UIN Sunan Kalijaga, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, serta narasumber H. Suyanta, S.Ag., M.S.I.

Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua DWP FEBI, Ibu Puput Handayani, yang dengan penuh rasa syukur menyambut kedatangan seluruh peserta. Beliau menyampaikan harapannya agar kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang silaturahmi, tetapi juga sebagai momen untuk saling memaafkan. Beliau juga mengungkapkan bahwa kegiatan syawalan ini menjadi syawalan terakhir dalam periode tahun ini.

DWP Febi telah kembali aktif dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan internal setelah melewati masa sulit pasca pandemi COVID-19. Mereka tidak hanya fokus pada kegiatan-kegiatan rutin, tetapi juga melakukan inovasi dengan mengadakan lomba mewarnai untuk anak-anak civitas Febi serta peningkatan keterampilan ibu-ibu Dharma Wanita melalui pelatihan cooking class dan kegiatan-kegiatan lainnya. Selain itu, DWP Febi juga aktif dalam kegiatan eksternal seperti webinar untuk umum, seminar triwulanan DWP, dan bakti sosial di panti asuhan.

Selain itu, sambutan dari Ketua DWP UIN Sunan Kalijaga, Ro'fah, S.Ag., B.S.W., M.A., Ph.D., menyampaikan terima kasih kepada semua panitia yang telah berusaha keras untuk mensukseskan acara ini. Beliau juga mengungkapkan bahwa meskipun dalam masa pandemi, DWP tetap aktif dalam menjalankan berbagai kegiatan. Suasana DWP agak sedikit berubah karena adanya perubahan dari Kementerian Agama pusat yang dipimpin oleh Ibu Eny Retno Yaqut. Di bawah kepemimpinan beliau, setiap bulan pasti ada kegiatan yang diadakan dengan menggunakan platform Zoom dan mengundang seluruh Dharma Wanita di Indonesia. Program-program yang diselenggarakan juga sangat bermanfaat, seperti moderasi beragama, literasi teknologi, isu kesehatan mental, kegiatan halal, dan terkait penataan organisasi.

Acara dilanjutkan dengan pengajian yang dipimpin oleh H. Suyanta. Beliau memberikan tausiyah tentang pentingnya kebersamaan, keikhlasan, dan memaafkan dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Para peserta pengajian terlihat antusias mengikuti setiap kata yang disampaikan oleh beliau.

Setelah pengajian, dilanjutkan dengan acara santap bersama, di mana semua peserta dapat saling berbincang dan bersilaturahmi. Acara ini juga menjadi momen yang tepat untuk mempererat tali persaudaraan di antara para anggota DWP UIN Sunan Kalijaga.

Dengan berakhirnya acara pengajian syawalan ini, diharapkan semangat kebersamaan dan keikhlasan yang telah tercipta dapat terus terjaga dan menjadi inspirasi untuk terus berbuat kebaikan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. (Tim Humas)