STADIUM GENERAL FAKULTAS SAINTEK : BEKALI LITERASI DIGITAL MAHASISWA BARU


Mengawali masa perkuliahan para Mahasiswa Baru Fakultas Sains dan Teknologi mengikuti agenda Kuliah Umum Bertajuk “Urgensi Membangun Budaya Literasi Digital yang Kreatif dan Inovatif, bertempat di gedung Prof. R.H.A. Soenarjo, S.H., kampus UIN Sunan kalijaga, 3/9/2024. Forum ini menghadirkan narasumber : Alumni Fakultas Saintek, UIN Sunan Sunan Kalijaga, Dr. Budi Sugandi, M.Sc., dan Jurnalis Kenamaan, Arif Firmansyah, S.E., M.Si. Hadir pada forum akademik kali ini, Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Noorhaidi, Dekan Fakultas Saintek, Prof. Khurul Wardati, dan para pejabat Dekanat. Dan diikuti tidak kurang dari 500 orang Mahasiswa Baru Fakultas Saintek.

Dalam sambutannya Prof. Noorhaidi menyampaikan, Salah satu masa depan cemerlang UIN Sunan Kalijaga ada di Saintek. Pihaknya sudah melihat langsung karya-karya Mahasiswa Fakultas Saintek yang futuristic di ajang pameran Mahasiswa. Pihaknya berpesan, para Mahasiswa Saintek sebagai Gen Z dengan tantangan yang kompleks, tetap bisa memanage diri sendiri agar dapat menjadi probadi-pribadi yang berkarakter kuat, dapat perpikir kreatif, dan berimajinasi positif sehingga dapat menghasilkan karya karya yang bermanfaat untuk masyarakat banyak, juga untuk pengembangan akademik Fakultas Saintek. Disampaikan, Gen Z diibaratkan sebagai generasi rebahan. Ada ancaman kemalasan dan tidak mau berpikir maksimal. Maka itu semua harus disingkirkan. “Jadikan rebahanmu bersama Smartphone untuk berkreasi, berinovasi, dan berpikir maksimal sehingga dapat menghasilkan uang, bukan malah menghabiskan uang, demikian tegas Rektor di hadapan 500 orang Mahasiswa Baru Fakultas Saintek.

“Jadikan rebahanmu bersama Smartphone untuk membangun jejaring keilmuan yang kuat, untuk mengembangkan diri semaksimal mungkin. Namun juga harus tekun belajar, berkarya, berkreasi di laboratorium, dan manage imosimu jangan sampai stress. Dan Sering-seringlah keluar kampus untuk menikmati alam Yogyakarta. Banyak tempat-tempat di wilayah Yogyakarta yang menarik untuk dikunjungi, sekaligus bisa digali untuk tujuan mengembangan ilmu pengetahuan, ” imbuh Prof. Noorhaidi.

Wakil Rektor 3, Saintek, Dr. Futhurrohman Ghufron, dalam laporannya mengawali kegiatan ini antara lain menyampaikan, Kegiatan ini sebagai pembuka perkuliahan serangkaian dengankegiatan PBAK, Sosialisasi Pembelajaran, Temu Orang Tua/Wali Mahasiswa. “Alhamdulillah dalam agenda Temu Orang Tua/Wali 99% orang tua yang dapat mengikutinya, baik secara Luring maupun Daring,” ungkap Dr. Fathorrahman.
Disampaikan, pada acara kuliah umum ini Mahasiswa baru diperkenalkan dinamika keilmuan di kampus UIN Sunan Kalijaga. Sementara tema yang disampaikan pada kuliah umum kali ini tentang perkembangan TI. Menurutnya, TI ibarat pisau bermata dua yang dapat memudahkan kehidupan manusia, sekaligus dapat menjerat dari sisi negatifnya, jika tidak bijak memanfaatkannya. Seperti pijol atau informasi hoaks yang sangat merugikan dari sisi apapun. Sebagai Pamong Mahasiswa di Fakultas Saintek pihaknya berharap melalui pembekalan di kuliah umu kali ini, Mahasiswa Saintek dapat memanfaatkan TI secara bijak, konstruktif, dan dapat membuka ruang ruang untuk belajar maksimal dari pesatnya perkembangan TI.

Prof. Khurul Wardati dalam sambutannya menambahkan, Mahasiswa Fakultas Saintek harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi digital, membangun literasi digital sebagai bekal menjadi Intelektual Muslim. Menurutnya Mahasiswa Saintek tidak boleh Mager dengan kemudahan-kemudahan yang bisa didapatkan dari Fasilitas Smartphone. Sebaliknya, Smartphone hendaknya menuntun Mahasiswa Saintek menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif, moderat, sekaligus religious. Mahasiswa Saintek harus dapat berperan sebagai Kalijaga Muda yang dapat menjaga dan mengembangan kearifan lokal, ditengah perkembangan global. Pihaknya berharap para Narasumber dapat menumbuhkan literasi digital Mahasiswa Saintek, sehingga bijak memanfaatkan TI untuk menjadi pribadi-pribadi yang kreatif, dan inovatif, demikian tegas Prof. Khurul Wardati.

Dalam kepemimpinannya, Prof. Khurul Wardati ingin memberikan ruang yang leluasa untuk menampilkan setiap karya Mahasiswanya, seperti yang kemarin baru saja diselenggarakan yakni: pameran arsitek, tidak lama lagi akan menyelenggarakan pekan raya biologi, ungkap Prof. Khurul Wardati.

Sementara itu, kedua narasumber dalam presentasinya bertajuk “Mahasiswa Kreatif Milenial Kreatif “ dan “Budaya Literasi Digital Yang Kreatif dan Inovatif” memberikan tips kepada Mahasiswa Baru Fakultas Saintek untuk memanfaatkan kecanggihan TI secara bijak untuk meraih kesuksesan dalam berkarir, juga berbagi pengalaman bagaimana keduanya dapat meraih karir yang cemerlang. (tim humas)