Prof. Noorhaidi Bertekad Wujudkan Universitas Unggul Bereputasi Global dan Bangun Kampus II

Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Noorhaidi Hasan, S.Ag., M.A., M.Phil., Ph.D. melantik segenap Wakil Rektor, Dekan Fakultas dan Direktur Pascasarjana, serta Ketua Lembaga, bertempat di Gedung Pusat Administrasi Universitas, 18/9/2024. Pelantikan para pejabat publik di lingkup UIN Sunan Kalijaga kali ini didasarkan pada SK Rektor No. 166.1 Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dosen yang diberi tugas Tambahan di Lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dalam sambutannya usai melantik, Rektor yang pernah menjabat sebagai Dekan di UIII ini antara lain menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pimpinan periode 2020-2024 atas dedikasi, loyalitas, dan kerja keras mereka dalam memajukan UIN Sunan Kalijaga. Beliau juga memberikan ucapan selamat kepada para Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, Dekan Fakultas, dan Ketua Lembaga yang baru dilantik. Beliau menegaskan bahwa pemilihan sosok-sosok pemimpin tersebut dipertimbangkan dengan sangat matang dan dinamai sebagai "Zaken Kabinet." . Beliau juga mengulas visinya sebagai Rektor, yaitu menjadikan UIN Sunan Kalijaga sebagai universitas unggul dengan reputasi global.

Sosok karismatik ini juga menyampaikan bahwa tugas utama para pemimpin yang baru dilantik adalah bekerja keras dengan sebaik mungkin untuk mewujudkan visi kepemimpinannya melalui beragam misi dan program kerja. Prof. Noorhaidi menggambarkan pencapaian membanggakan UIN Sunan Kalijaga yang telah memperoleh berbagai akreditasi, seperti 38 program studi dengan predikat Unggul, akreditasi FIBAA untuk 18 program studi, serta pengakuan dari AUN- QA dan lembaga internasional lainnya. Menurutnya, prestasi ini merupakan capaian yang harus disyukuri dan dijadikan motivasi untuk terus berkembang. Ke depan, beliau berharap agar seluruh program studi dapat meraih predikat Unggul dan menyandang akreditasi internasional, memperkuat reputasi global UIN Sunan Kalijaga.

Namun demikian, menurutnya semua pihak masih perlu bekerja keras untuk mengubah keunggulan di atas lembar sertifikat akreditasi menjadi prestasi nyata dalam setiap aspek kehidupan. Hal ini termasuk dalam bidang pendidikan dan pengajaran, yang perlu terus dievaluasi, baik dari sisi kurikulum, metode, maupun materi. Semua aspek ini harus mampu membekali Mahasiswa untuk menghadapi tantangan global saat ini dan di masa mendatang.

Keunggulan juga perlu dilihat dari segi penelitian, pengabdian, dan kualitas sumber daya manusia, dengan salah satu indikatornya jumlah artikel ilmiah yang dipublikasikan oleh civitas akademika dalam jurnal nasional dan internasional yang terakreditasi. Demikian pula, keunggulan riset harus tercermin dalam penerapan inovasi di berbagai bidang, seperti sains, humaniora, dan lainnya. Prof. Noorhaidi berharap agar seluruh pimpinan dapat menyusun kembali skala prioritas untuk berbagai program yang direncanakan. Beliau mendorong agar sumber daya diarahkan ke kebutuhan yang benar-benar esensial bagi kemajuan kampus.

Dalam sambutannya Prof. Noorhaidi juga menegaskan komitmennya untuk membangun Kampus II selama masa kepemimpinannya. Untuk mendukung hal tersebut, akan dibentuk Pusat Pembangunan Infrastruktur yang bergerak seiring dengan Pusat Pengembangan Kelembagaan. Salah satu tugas utamanya adalah merumuskan fakultas prioritas, selain Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kesehatan. Jika diperlukan, beliau juga merencanakan pembentukan Pusat Pengembangan SDM. Ia memohon dukungan penuh agar impian untuk melihat Kampus II berdiri kokoh dapat terwujud. “Dengan komitmen yang kuat, kita pasti bisa maju. Selamat bekerja, semoga sukses dalam menjalankan tugas, dan sukses untuk kita semua!” pungkasnya.

Sementara itu para Dosen yang dilantik antara lain: Prof. Dr. Istiningsih, M.Pd., sebagai Wakil Rektor 1, bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga. Dr. Mochamad Sodiq, S.Sos., M.Si. sebagai Wakil Rektor 2, bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan. Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si., sebagai Wakil Rektor 3, bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Prof. Dr. Phil. Sahiron, M.A. sebagai Direktur Program Pascasarjana. Prof. Dr. Nurdin, S.Ag., SS., M.A., sebagai Dekan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. Prof. Dr. Arif Maftuhin, M.Ag., M.A.I.S. sebagai Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Prof. Dr. Misnen Ardiansyah, SE., M.Si., K.CA., ACPA., sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, S.Psi., M.Si., sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Prof. Dr. Sigit Purnama, M.Pd., sebagai Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Prof. Dr. Dra. Hj. Khurul Wardati, M.Si. sebagai Dekan Fakultas Sains dan Teknologi. Prof. Dr. Ali Sodiqin, M.Ag., sebagai Dekan Fakultas Syariah dan Hukum. Dr. H. Robby Habiba Abror, S.Ag., M.Hum., sebagai Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Dr. Abdul Qoyum, S.E.I., M.Sc.Fin., sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Prof. Dr. Eva Latifah, S.Ag., S.Psi., M.Si., sebagai Ketua Lembaga Penjaminan Mutu.

Selamat dan Sukses untuk segenap pimpinan yang dilantik. Civitas Akademiki menggantungkan harapan besar kepada Pemimpin terpilih. Para penyandang kekuasaan tersebut kiranya mampu menjadi sosok yang visioner, berintegritas tinggi, dan responsif terhadap perkembangan zaman, terutama dalam menghadapi era digital dan globalisasi. Pemimpin yang mampu mendorong inovasi di bidang akademik dan riset, memperkuat jaringan internasional, serta menciptakan lingkungan kampus yang inklusif dan kolaboratif, mampu mendengarkan aspirasi Mahasiswa, serta berkomitmen pada prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam setiap kebijakan. Kepemimpinan yang tangguh dan berorientasi pada solusi diharapkan dapat membawa universitas ke arah yang lebih progresif dan kompetitif membawa universitas dalam percaturan dunia internasional. (tim humas)