Alya-Mahasiswa Fishum UIN Suka sabet Dua Penghargaan dalam Pemilihan Duta Bahasa D.I. Yogyakarta 2020

Alya Dwi Salsabila, mahasiswi Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) berhasil menjadi Pemenang II Puteri Duta Bahasa DIY 2020 sekaligus menjadi Juara Favorit di ajang pemilihan Duta Bahasa DIY 2020, yang diselenggarakan Balai Bahasa DIY.

Kepada Humas Alya menyampaikan, Ajang ini diikuti 250 peserta dari berbagai perguruan tinggi di wilayah DIY, diantaranya dari; UGM, UNY, UAD, UMY, UPN, Stikes Yogyakarta, Stipram dan lain lain. Dari jumlah peserta itu diambil 15 peserta putera dan 15 peserta putri untuk mengikuti kompetisi di babak final, setelah melalui tahapan seleksi berkas, audisi, psikotes dan unjuk kebolehan berbahasa Indonesia, penampilan bakat dan deep interview. Malam penobatan putra-puteri Duta Bahasa dilaksanakan di Ballroom Hotel Harper Yogyakarta, 28/8/2020.

Alya memang aktif mengikuti ajang kompetisi, dan penghargaan ini bukan kali pertama yang Alya dapatkan. Berbagai kompetisi sampai di tingkat nasional diikuti, Alyapun kerap menjuarainya. Alya pernah menjadi juara 3 Duta Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Juara 1 Public Relations cabang lomba Manajemen Krisis tingkat Nasional Di Surabaya tahun 2019, Mahasiswi Inspiratif Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, UIN Sunan Kalijaga tahun 2019, Top 5 Story Telling tingkat Nasional di Bandung tahun 2019, Juara harapan 2 speech tingkat Kota Yogyakarta, dan masih banyak lagi, kata Alya.

Menurut Alya sebagai Duta Bahasa, ia bersama finalis yang lainnya mengemban tugas selalu mengutamakan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik sesuai PUEBI, selalu ikut serta dalam pelestarian Bahasa Daerah, dan selalu mempunyai minat tinggi dalam menguasai Bahasa Asing. Sebagaimana jargon Duta Bahasa DIY adalah Utamakan Bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, kuasai bahasa asing salam literasi. (Weni)