Setelah Lima Prodi S1 dan Satu Program Magister Pascasarjana Tersertifikasi Internasional, Kali ini UIN Suka Ajukan Tiga Prodi Untuk Memperoleh Sertifikasi Internasioanal AUN-QA

Setelah lima Prodi, yakni; Pendidikan Kimia, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Akidah dan Filsafat Islam, Ilmu Al Qur’an dan Tafsir, serta satu Program Magister Pascasarjana, yakni: Interdiscioplinary Islamic Studies Tersertifikasi Internasional dari lembaga sertifikasi internasional Asian University Network-Quality Assurance (AUN-QA), kali ini UIN Sunan Kalijaga mengajukan tiga Prodi lagi untuk menjadi anggota dan memperoleh sertifikasi internasional dari AUN-QA. Ketiga Prodi tersebut adalah; Prodi ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Komunikasi; Prodi Sosiologi, Fakultas Sosial dan Humaniora; Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Syari’ah dan Hukum.

Visitasi Akreditasi dari AUN-QA dilaksanakan selama lima hari (7,8,9,10,11/12/2020) secara daring melalui zoom meeting. Sementara dalam penyampaian berbagai fasilitas penting penunjang mutu akademik dilakukan secara live steaming dengan pemandu berbahasa Inggris. Dengan Assessor, untuk Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial; Prof. Wan Ahmad Kamil Mahmood, Ph.D., (Dean, School of Chemical Scieences Universiti Sains Malaysia), dan Prof. Dr. Amelia P Goevara (The University of The Philippines). Untuk Prodi Sosiologi; Prof. Dato’Ir. Dr. Riza Atiq Abdullah Bin O.K. Rakmad (Director of Centre for Akademic Advencement Universiti Kebangsaan malaysia) dan Dr. Anne Lan K. Candelaria, Ph.D., (Associate Dean for Graduade Programs, Ateneo de Manilla University-Loyola Schools Asst. Professor, Departement of Political Csience). Untuk Prodi Ilmu Hukum; Assoc. Prof. Chavalit Wongse-ek (Associate Dean for Planning and Development Mahidol University International College AUN-QA Expert snd Assessor) dan Dr. Maria Elissa J. Lao (Director, Institute of Philippine Culture Ateneo de Manila University Assistent Professor, Departement of Political Science). Dan Ms. Monsiri Chintanavisit selaku AUN-QA Assessment Officer.

Penilaian sertifikasi internasional AUN-QAdalam 11 kriteria yaitu: (1) Expected Learning Outcome, (2) Programme Specification, (3) Programme Structure and Content, (4) Teaching and Learning Approach, (5) StudentAssesment, (6) Academic Staff Quality, (7) Support Staff Quality, (8) Student Quality and Support, (9) Facilities and Infrastructure, (10) Quality Enhancement,(11) Output.

Sementara, agenda visitasi diawali dengan ungkapan selamat datang dari Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil Al makin, S. Ag. M.A., presentasi universitas melalui video, dilanjutkan presentasi tiga prodi; yang meliputi presentasi dan wawancara dengan dekan dan wakil dekan, interview dosen, staf akademik, staf pendukung akademik di level univertitas maupun fakultas, perwakilan mahasiswa dan perwakilan alumni. Dipaparkan juga melalui live streaming berbagai fasilitas pendukung pengembangan akademik seperti; kondisi riil UPT Perpustakaan, Laboratorium, IT Service/PTIPD, Disabled Service Center, Sport Value, Student Support Center, fasilitas dan layanan umum untuk mahasiswa, ruang e-learning, dan lain lain.

Dalam sambutannya mengawali visitasi, Prof. Al Makin antara lain menyampaikan, selamat datang dan menyambut hangat para Assessor. Menyambut hangat seluruh civitas akademika UIN Sunan Kalijaga. Kepada para Assessor Rektor UIN Sunan Kalijaga menjelaskan, UIN Sunan Kalijaga memiliki lebih dari 24.000 orang mahasiswa, 1.150 orang civitas akademika bidang penelitian, pengajaran dan administrasi, 700 orang dosen dan 40 orang Profesor. UIN Sunan Kalijaga berusaha melakukan pelayanan terbaik dalam rangka mencerdaskan bangsa. Dan hingga saat ini, UIN Sunan Kalijaga memiliki delapan fakultas dan pascasarjana.

Meskipun baru empat bulan menjabat sebagai rektor, wakil rektor, semua dekan, wakil dekan, pimpinan unit dan lembaga, tetapi semua pimpinan di kampus ini bertekat dan siap memberikan yang terbaik untuk kemajuan kampus. Melalui akreditasi internasional AUN-QA, pihaknya berharap terus menerus mendapat bimbingan dan masukan, kritik dan saran yang terbaik, agar kampus ini semakin baik dan semakin di percaya.

Sementara itu saat penutupan visitasi (11/12/2020), tim assessor yang diwakili Ms. Monsiri Chintanavisit menyampaikan, dengan akreditasi internasional yang dikantongi UIN Sunan Kalijaga dari AUN-QA, akan meningkatkan kepercayaan luar negeri terhadap kampus UIN Sunan Kalijaga, memperluas publikasi dan jaringan kerja-sama internasional UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, memperluas peminat mahasiswa luar negeri, serta memperluas kesempatan studi lanjut ke luar negeri bagi civitas akademika UIN Sunan Kalijaga. Dan bukan itu saja, manfaat lain yang bisa diraih adalah; peluang untuk berpartisipasi dalam program AUN-QA, dan/atau proyek pengembangan akademik, serta pengembangan kerja-sama dengan organisasi mitra ASEAN. Menambahkan jaringan diantara Negara ASEAN dan terlibat dalam konferensi yang diselenggarakan AUN-QA. Peluang terlibat dalam lokakaryadan kursus-kursus/pelatihan AUN-QA, serta berbagai pengalaman implementasi untuk peningkatan kualitas perguruan tinggi, demikian disampaikan Ms. Monsiri. (tim humas)