Azka Ibawa, Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Raih 2 Penghargaan di Kompetisi Poster Internasional

Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga, Azka Fu’ad Alhamdi, membawa nama harum Indonesia melalui kemenangannya dalam kompetisi di kancah internasional. Mahasiswa yang akrab disapa Azka Ibawa ini, berhasil membawa pulang dua penghargaan sekaligus pada kompetisi “Poster Award 2020”.

Kompetisi “Poster Award 2020” merupakan kompetisi poster yang diadakan oleh organisasi Taiwan, TAICOT (Taiwan Association for International Care of Organ Transplants) pada akhir tahun 2020 lalu. Tujuan kompetisi internasional ini sebagai bentuk perjuangan untuk menghentikan pengambilan organ manusia secara ilegal yang telah terjadi beberapa waktu belakang ini di negara Tiongkok.

Dikutip dari akun Facebook resmi milik “Poster Award 2020”, ada 1.000 lebih karya dari 900 peserta di seluruh dunia yang mengikuti kompetisi tersebut. Pada pengumuman yang disiarkan 16/1/2021, melalui kanal Youtube, 2 poster putra kelahiran Pati, 2/1/1998 ini dinyatakan meraih penghargaan semua. Yakni; karya judul “Wallet”, mendapatkan penghargaan “Merrit Award” dan karya berjudul “Toys” meraih penghargaan “ Honorable Award.” Azka sendiri mengaku mengikuti kompetisi ini dengan rekan satu timnya yaitu Rian Ervina Nugraha (mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi, yang belum lama ini juga mendapatkan hadiah Rp. 20.000,000,- dalam kompetisi Fuso Festival 2020), untuk mengumpulkan data dan ide hingga akhirnya memproduksi poster tersebut.

Azka angkatan 2016 ini memang menyukai dunia desain grafis. Ia sudah mulai otak atik di bidang ini sejak di SMA secara otodidak. Ia mengaku dengan melanjutkan kuliah pada Prodi Ilmu Komunikasi, khususnya konsentrasi advertising, Azka merasa mendapatkan lebih banyak ilmu, yaitu cara berkomunikasi diberbagai medium, salah satunya adalah poster.

Karena kepiawaian Azka di bidang desain grafis dan semangatnya mengikuti kompetisi inilah, Azka beberapa kali dapat memenangkan kompetisi sebelum Azka dapat menembus penghargaan di tingkat dunia. Di antaranya; Juara 2 Kategori PrintAd di Bharatika Fest 2019 (kolaborasi dengan Galih Kharisma Mega), Winner, Lensa Academi Digital imaging Competition, Juara 1 Kompetisi Desain Poster Stop Hoax Indonesia oleh MAFINDO (kolaborasi dengan Rian Ervina Nugraha) 2020, Juara 1 kategori PrintAd di AdUIN 2020, Juara 1 Fuso Wallpaper Competition (kolaborasi dengan Rian Ervina Nugraha) 2021. Dan kali ini, Merit Award, Poster Award 2020 (kolaborassi dengan Rian Ervina Nugraha). Honorable Award, Poster Award 2020, keduanya di ajang TAICOT (kolaborassi dengan Rian Ervina Nugraha).

Terlebih sekarang ini Azka sudah terbebas dari teori di perkuliahan. “Saya merasa di masa pandemi seperti ini lebih fleksibel, sembari mengerjakan penelitian tugas akhir Saya mengikuti beberapa lomba. Tapi, mengikuti lomba sudah menjadi habit saya di awal kuliah. Alhamdulillah, Saya di Prodi Ilmu Komunikasi dipertemukan dengan komunitas yang rajin berkompetisi. Dengan bergabung bersama komunitas, Saya bisa berdiskusi dan mencari ide bersama. Kolaborasi dalam sebuah karya memang sangat diperlukan,” aku Azka.

“Orang tua Saya sangat mendukung, mulai dari dulu pemilihan Prodi Ilmu Komunikasi yang sepenuhnya diserahkan kepada Saya. Doa dan restu mereka yang Saya minta setiap akan mengikuti lomba.” tambah Azka. Selamat dan sukses ya Azka, dari prestasimu, satu lagi bukti nyata, UIN Sunan Kalijaga mendunia. Siapa lagi menyusul. (Weni/Nurul)