UIN Sunan Kalijaga Siapkan 9 Kriteria Akreditasi Unggul

Dalam rangka menyiapkan Program Studi UIN Sunan Kalijaga Yogayakarta menuju unggul dan mendunia melalui skema akreditasi unggul, internasional, maka Lembaga Penjaminan Mutu menyelenggarakan kegiatan Workshop Penyiapan Akreditasi Unggul yang dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Januari 2021.

Kegiatan ini dihadiri peserta secara luring di Hotel Novotel Yogyakarta maupun daring melalui aplikasi zoom meeting. Workshop ini diikuti oleh unsur Pimpinan Univerisitas, Pimpinan Fakultas, para Asesor internal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Para kaprodi dan Sekprodi, Unsur Tim Borang, PSMF dan PMSP, Tim Dosen di 60 Prodi yang ada di UIN Sunan Kalijaga.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber adalah Sugiyono, Ph.D. dari Dewan Eksekutif BAN PT dan Dwi Harsono, MPA, M.A., Ph.D., Pandhu Yuanjaya, MPA dan Hardian Wahyu Widianto, MPA dari Prodi Ilmu Administrasi Public UNY.

Dalam sambutannya Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. Phil Al Makin, M.Ag. menyampaikan bahwa akreditasi bukan hanya 7 standar, tapi dari 9 kriteria, yang secara formal kita tidak hanya mengejar akreditasi, namun juga melahirkan ilmu pengetahuan yang sesungguhnya yang memiliki komitmen yang tinggi dan fanatik terhadap pengetahuan.

"Dalam 9 kriteria, universitas diharapkan menggambarkan semangat ilmiah yang sesungguhnya. Tidak hanya bersifat administrasi, namun dengan komitmen yang tinggi. Karena itu merupakan kewajiban." ujar Rektor.

Selanjutnya, Ketua LPM yaitu Dr. M. Fakhri Husein, S.E., M.Si. mengatakan bahwa kegiatan ini adalah rangkaian penyiapan akreditasi unggul dengan meminta kesiapan prodi untuk masuk ke skema unggul. Rangkaian kegiatan sudah dimulai 2 minggu lalu dengan mengumpulkan 40 prodi yang telah siap menuju skema unggul. Harapannya, tahun ini bisa melahirkan banyak prodi unggul. Ada 32 asesor yang membantu, dan tahun ini ada tambahan asesor untuk membantu melakukan pendampingan-pendampingan di tahap berikutnya.

Kegiatan Workshop Penyiapan Akreditasi Unggul ini mendapat tanggapan yang sangat baik dari seluruh peserta, dengan jumlah peserta yang menghadiri kegiatan ini 200 peserta. Para peserta menyampaikan bahwa workshop sangat bermanfaat karena para peserta benar-benar mendapatkan gambaran bagaimana para prodi ini menuju unggul dan dilengkapi dengan best practice dari Prodi Ilmu Administrasi Publik Universitas Negeri Yogyakarta, dengan memaparkan trik and tips bagaimana penulisan instrument 9 kriteria ke dalam LKPS dan LED.

Adapun tindak lanjut dari kegiatan ini adalah: pemetaan skema akreditasi, sosialisasi-sosialisasi, pemetaan skoring existing, pemenuhan kegiatan agar nilai 4 untuk butir-butir yang belum maksimal, Penyiapan dokumen pendukung, penulisan LKPS dan LED, review borang dan upload instrumen ke BAN PT. (Nurul)