UIN Sunan Kalijaga Siapkan Sistem Pembelajaran MBKM

Dalam rangka mempersiapkan sistem pembelajaran Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM), Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar workshop Metode Pembelajaran dan Penilaian yang dilaksanakan pada hari Selasa, 2 Februari 2021 secara daring.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ketua LPM, Dr. M Fakhri Husein, M.Si menyampaikan bahwa ada dua aspek yang masih harus dibenahi dalam implementasi MBKM ini yaitu metode pembelajaran dan penilaian (assessment). Metode penilaian seharusnya inline dengan metode pembelajaran sehingga capaian pembelajaran (learning outcome) dapat terwujud. Pembenahan dalam aspek kurikulum ini adalah salah satu tahap menuju persiapan akreditasi unggul dan akreditasi internasional.

Sementara itu, saat membuka acara, Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Dr. Phil Al Makin, S.Ag. M.A. menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini sangat penting untuk dilaksanakan sebagai langkah untuk menyikapi kebijakan tentang Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM). Prodi – prodi harus belajar terus dari berbagai pihak supaya semakin maju dan berkembang.

Di sisi lain, Prof. Dr. Heri Retnowati, S.Pd. M.Pd dari Universitas Negeri Yogyakarta yang hadir sebagai narasumber memaparkan bahwa salah satu tujuan kampus merdeka adalah mempersiapkan mahasiswa untuk mendapatkan experience learning sehingga siap menghadapi dunia kerja. Kegiatan yang sesuai dengan kurikulum MBKM meliputi magang, proyek desa, mengajar di sekolah, pertukaran pelajar, riset, kewirausahaan, proyek indepeden dan proyek kemanusiaan. Pada tahap implementasi, prodi harus siap dan memastikan ke delapan kegiatan tersebut sudah merumuskan hard skill (keterampilan umum, complex problem solving, analitical skill) dan softskill (etika profesi, komunikasi, kerjasama) yang dapat dicapai mahasiswa.

Kegiatan workshop disambut dengan antusias oleh seluruh dosen UIN Sunan Kalijaga dengan jumlah peserta yang bergabung dalam zoom sebanyak 368 dosen. Pada akhir kegiatan, peserta menyusun panduan pelaksanaan dan penilaianimplementasi MBKM.(Nurul)