Launching Studio Live Streaming, FISHUM Siap Sapa Dunia

Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN Sunan Kalijaga baru saja me-launching Studio Live Streamingyang dilaksanakan secara online melalui platform Zoom dan Live Streaming YouTube FISHUM UIN Sunan Kalijaga dengan diikuti oleh seluruh keluarga besar FISHUM, Selasa (16/02/21). Studio Live Streaming tersebut berfungsi sebagai ruangan untuk memfasilitasi berbagai kegiatan online, baik webinar, diskusi, dan yang lainnya. Studio ini terletak di lantai 3 FISHUM dan dilengkapi fasilitas streaming seperti kamera, monitor, laptop serta green screen.

Dalam video sambutannya, Wakil Dekan Bidang Administrasi FISHUM, Dr. Yani Tri Wijayanti, S.Sos, M.Si. menjelaskan bahwa perencanaan pembuatan design studio disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian studio dan desain telah disesuaikan agar fleksibel untuk digunakan dalam berbagai konten acara.

“Beberapa versi yakni podcast, siaran, dan lain sebagainya menggunakan meja dan backdrop. Versi kedua yakni Green Screen yang digunakan untuk konten yang tidak formil agar background bisa diganti dengan latar belakang sesuai tema. Versi ketiga yakni versi sofa yang digunakan untuk talkshow, webinar, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Dekan FISHUM, Dr. Mochamad Sodik, S.Sos., M.Si. Menurut beliau dengan studio mini FISHUM akan menyapa dunia. “Ini adalah studio mini, tapi dengan studio mini ini kita akan menyapa dunia yang luas. Dunia dalam arti yang sebenarnya. Selain studio mini kita juga punya studio yang lebih besar lagi sehingga mempunyai manfaat yang lebih luas. Studio ini bisa dimanfaatkan baik oleh dosen, tendik, mahasiswa maupun masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya.

Studio ini juga mendapat sambutan baik dari Ketua Senat UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. H. Siswanto Masruri, M.A., “Sungguh saya bangga dan bersyukur serta memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada FISHUM. Karena meskipun gedung FISHUM itu kurang baik dibanding dengan lainnya tetapi dengan adanya studio mini ini bisa mengalahkan yang lain,” ungkapnya.

Acara ini juga dihadiri dan disambut baik oleh Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Prof. Dr.Phil. Al Makin, S.Ag., M.A. Dalam kesempatan ini beliau mengatakan bahwa pembangunan studio ini merupakan pertama kali di UIN Sunan Kalijaga. Hal ini perlu menjadi contoh bagi semuanya, baik Universitas, Fakultas dan Unit lainnya,sehingga ketika melakukan live streamingbisa lebih baik walaupun hanya menggunakan fasilitas standar.

“Saya kira ini juga kapital (modal) yang bisa dikembangkan. Saya harap bisa menghasilkan kualitas konten yang menarik dan bisa menginspirasi. Selamat, kreatifitas dan timnya luar biasa.” tuturnya. (Tri/Nurul)