Sukses! FSH Adakan Review dan Redesain Kurikulum

Estafet acara demi acara dilaksanakan oleh Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kali ini berkenaan dengan Review dan Redesain Kurikulum FSH UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, acara ini teragendakan pada Kamis-Jum’at, 17-18 Juni 2021 di ruang Technoclass lantai 1 Fakultas Syariah dan Hukum yang disiarkan secara live melaluizoom meeting fakultas. Agenda tersebut dimulai dengan pembukaan yang diisi sambutan oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Prof. Dr. Drs. H. Makhrus, S.H., M.Hum. dan Rektor UIN Sunan Kalijaga Bapak Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A. Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan pentingnya pembahasan Review dan Redesain ini karena adanya kurikulum terbaru yang dicanangkan terkait merdeka belajar. Senada dengan hal tersebut, Rektor menyambut baik acara yang dilaksanakan Fakultas Syariah dan Hukum ini. Terlebih narasumber adalah para alumni yang berkiprah secara nasional dari Fakultas Syariah dan Hukum menjadi nilai tambah bagi UIN yang semakin mendunia.” Imbuhnya.

Selanjutnya, sambutan Wakil Dekan I sekaligus moderator jalannya acara Dr. Samsul Hadi, S.Ag., M.Ag mengawali diskusi pada acara tersebut, Wakil Dekan menandaskan bahwa lulusan dari perguruan tinggi, khususnya Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga sudah banyak yang berkiprah dan sukses secara ilmiah maupun alamiah.

Workshop kali ini mengundang Dr. H.Khalilurrahman,M.A.,QIA.,CRMO. Selaku Kasubag TU Inspektorat Wilayah II Itjen Kementerian Agama RI/Wakil Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri MUI Pusat sekaligus alumni Fakultas Syariah dan Hukum. Khalilurrahman menyampaikan penting dan baiknya acara semacam Review dan Redesain Kurikulum ini. “Terkait dengan review kurikulum, setidaknya ada tiga hal yang harus dilakukan; perencanaan, pelaksanaan, dan evauasi yang meliputi; pelayanan, sarana prasarana dan peran alumni. Sebagai contoh, model pelayanan zaman dulu dengan sekarang yang penuh dengan kemajuan teknologi tentu harus berubah dan diubah lebih cepat tepat dan efektif, katakanlah seperti saat mahasiswa mengurus KRS dan lain sebagainya”, imbuh Khalilurrahman.

Di akhir acara, Pimpinan fakultas menyampaikan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap narasumber, di tengah-tengah kesibukan dan kiprah di tingkat nasional, para narasumber dan juga alumni Fakultas Syariah dan Hukum terserbut masih bisa menyempatkan pulang ke pangkuan almamater tercinta. (tn/ys/tim/nurul)