UIN Suka Launching Komisariat HISKI

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta me-launching Komisariat Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia, disingkat HISKI, secara daring melalui Zoom, Kamis, 29/7/2021. Launcing Komisariat HISKI UIN Sunan Kalijaga dibarengi dengan pelantikan pengurus HISKI UIN Suka periode 2021-2025. Pelantikan juga dilakukan melalui Zoom oleh Wakil Ketua Umum HISKI Pusat Bidang Organisasi, Prof. Dr. Harun Alrasyid, M.Pd. Dilanjutkan dengan bedah buku berjudul “Teori Kajian Sastra Kritis,” yang ditulis oleh sejumlah anggota HISKI.

HISKI merupakan organisasi profesi yang sejak tahun 1984 telah berperan sebagai wadah untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian di bidang sastra melalui pertemuan ilmiah, pelatihan dan lokakarya, serta publikasi penelitian. Dengan terbentuknya Komisariat UIN Sunan Kalijaga, saat ini HISKI memiliki total 62 komisariat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Acara yang dilaksanakan secara virtual tersebut dimulai dengan pembacaan puitisasi Al-Quran berjudul “Pertanyaan yang Menjelma Pelukan Tuhan” oleh Fida’ulmu Fidah, Mahasiswa Prodi PGMI UIN Sunan Kalijaga yang memenangkan Juara 1 IPPBMM se Jawa-Madura tahun 2021. Dilanjutkan Pembacaan SK oleh Dr. Muslimin, M.Pd. (Sekjen HISKI) dan prosesi Pelantikan HISKI Komisariat UIN Sunan Kalijaga oleh Prof. Dr. Harun Alrasyid, M.Pd. Mereka yang dilantik adalah;Dr. Muhammad Wildan, M.A. (Dekan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga) sebagai penasehat.Dr. Aning Ayu Kusumawati, S.Ag., M.Si., sebagai ketua. Wakil Ketua : Ulyati Retno Sari, M.Hum., sebagai wakil ketua. Drs. Mustari, M.Hum. sebagai sekretaris 1 dan Febrianti Dwiratna Lestari, M.A., sebagai sekretaris 2. Marwiyah, S.Ag., S.S., MLS., sebagai bendahara 1,dan Dwi Margo Yuwono, M.Hum., sebagai bendahara 2.Anggota terdiri dari; Dr. Zamzam Afandi, M. Ag.,Dr. Uki Sukiman, M.Ag., Dr. Moh. Kanif Anwari, S.Ag., M.Ag.,Dr. Hj. Tatik Maryatut Tasnimah, M.Ag., 5Dr. Danial Hidayatullah, Moh. Wakhid Hidayat, S.S, MA., Dr. Witriani,Harsiwi Fajar Sari, M.A., Dr. Ening Herniti, S.S., M.Hum.,Dr. Yulia Nasrul Latifi, S.Ag., M.Hum.,Dr. Nurain, S.Ag., M.Ag. Dilantik berdasarkan SK KetuaUmum HISKINomor: 01/IA.SK/HISKI/I/2021.

Baca juga:Fida'ulmu Fidah Juara Lagi dalam Puitisasi

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag. M.A. yang berkesempatan hadir pada acara pelantikan tersebut mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus Komisariat HISKI UIN Sunan Kalijaga. Dr. Muhammad Wildan, MA (Dekan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya) juga menyampaikan terimakasih kepada HISKI Pusat yang telah melantik Komisariat UIN Sunan Kalijaga dan selamat kepada seluruh pengurus yang baru saja dilantik. “Kita berharap komisariat ini dapat menghidupkan keilmuan dan karya sastra, maupun seni di kampus UIN Sunan Kalijaga sekaligus mengembangkan kerja sama dengan institusi-institusi di luar Fakultas Adab dan Ilmu Budaya”, tambahnya.

Sementara itu, sesi bedah buku Teori Kajian Sastra Kritis menghadirkan dua pembahas; Prof. Dr. Suwardi Endraswara, M.Hum (Ketua Umum HISKI, Guru Besar Antropologi Sastra Jawa Universitas Negeri Yogyakarta) dan Dr. Danial Hidayatullah, M.Hum (Anggota Komisariat HISKI UIN Sunan Kalijaga dan Dosen Prodi Sastra Inggris UIN Sunan Kalijaga), dengan moderator Dr. Aning Ayu Kusumawati, M.Si. (Ketua Komisariat HISKI UIN Sunan Kalijaga dan Dosen Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga).

Prof. Dr. Suwardi Endraswara, M.Hum. melihat adanya emergensi pemekaran teori kajian sastra kritis melalui perpektif interdisipliner sastra. Dalam paparannya, Prof. Suwardi menyebutkan potensi pengembangan empat perspektif baru dalam kajian sastra yaitu teopatologi sastra, teologi medisin sastra, bioarkeologi sastra, dan arkeopedagogi budaya dari sisi karakter.

“Kajian sastra interdisipliner itu memang sedang saya kembangkan supaya sastra itu ada warna yang berbeda,” ujarnya.

Sementara itu Dr. Danial Hidayatullah, M.Hum. menyampaikan beberapa alasan mengapa buku Teori Kajian Sastra Kritis ini perlu dibaca, antara lain karena kebaruannya, penyajian latar belakang tokoh, keragaman teori sastra yang dimunculkan, termasuk konsep sastra banding yang memungkinkan eksistensi Sastra Indonesia sejajar dengan sastra dunia lainnya.

Pada akhir sesi, Ulyati Retno Sari, M.Hum, selaku Ketua Panitia acara yang juga merupakan Wakil Ketua HISKI UIN Sunan Kalijaga menyampaikan bahwasanya HISKI Komisariat UIN Sunan Kalijaga akan berperan lebih aktif pada masa mendatang dalam kegiatan akademik pada bidang sastra baik diskusi bersama, seminar nasional, workshop, serta kegiatan sastra dalam bentuk pementasan sastra dan budaya. Ulyati juga mengucapkan banyak terima kasih kepada narasumber bedah buku, anggota HISKI dan peserta yang hadir pada acara launching HISKI Komisariat UIN Sunan Kalijaga dan bedah buku ini.

Acara pelantikan dan bedah buku yang diselenggarakan secara virtual via Zoom dan livestream melalui YouTube channel Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga ini dihadiri oleh sekitar 200 peserta dari berbagai kalangan dan institusi di berbagai wilayah Indonesia. (Weni/Ihza)