UIN Sunan Kalijaga Mendominasi Pendaftaran SPAN-PTKIN

Tahun ini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali menjadi kampus PTKIN paling diminati se-Indonesia. Hasil sidang Panitia Pusat SPAN-PTKIN yang dilaksanakan tanggal 12-13 April di Jakarta mengukuhkan 172.971 siswa yang melakukan finalisasi. Pendaftar pada tahun 2022 per jenis sekolah didominasi Madrasah Aliyah (MA) dengan total pendaftar 82.342, kemudian disusul SMA dengan 76.874 pendaftar, SMK 13.207 pendaftar, Pondok Pesantren 511 pendaftar, dan 37 pendaftar dari jenis sekolah lainnya.

Dalam sidang pengukuhan, Panitia Pusat memaparkan 275.863 pendaftar mendaftarkan diri pada jenis PTKIN setingkat Universitas (UIN), 67.587 pendaftar pada Institut (IAIN) dan 2.497 pada Sekolah Tinggi (STAIN). Pelaksanaan seleksi SPAN-PTKIN tahun 2022 dimulai dari pendaftaran sekolah yang dibuka pada 07-28 Febuari dan pendaftaran siswa pada 04-31 Maret ini telah mencapai tahap akhir yakni tahap pengumuman yang diumumkan secara serentak di laman span-ptkin.ac.id. Panitia juga merilis data 10 PTKIN dengan pendaftar terbanyak, UIN Sunan Kalijaga menjadi pendaftar tertinggi dengan total pada tahun 2022 ini sebanyak 32.499 pendaftar meningkat dari tahun lalu 21.738 pendaftar. Mengalami kenaikan sebanyak 10.761 pendaftar dari 24 program studi yang dipilih.

Ditemui saat setelah sidang pengukuhan, Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Al Makin menyampaikan rasa bahagianya “tentu sangat bahagia dan membanggakan, tahun ini kita kembali menjadi kampus paling mendominasi pendaftar sekaligus sebagai kampus keagamaan yang paling diminati, paling dicari dan tentu sekolah, orang tua maupun siswa percaya pada UIN Sunan Kalijaga dan selamat bagi yang lulus”. Senada dengan Prof. Al Makin, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Iswandi Syahputra memberikan apresiasi pada seluruh pihak yang telah bekerja keras, “kita apresiasi pencapaian luar biasa ini, kami ucapkan terima kasih pada panitia pusat, seluruh civitas akademika UIN Sunan Kalijaga, stakeholder dan ini pencapaian sebagai buah dari kerja keras bersama dan cerminan peningkatan mutu kampus kita”. UIN Sunan Kalijaga selain menjadi kampus paling diminati juga mendominasi pendaftar pada beberapa kategori. 5 dari 10 besar prodi terbanyak jumlah pendaftar diraih oleh UIN Sunan Kalijaga. Dengan demikian UIN Sunan Kalijaga menjadi kampus paling berdaya saing tinggi diantara PTKIN lainnya.

Ir. Aulia Faqih selaku ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga menambahkan untuk proses selanjutnya pada saat pengumuman siswa dapat melihat hasil kelulusan pada akun masing-masing dengan cara masuk menggunakan user dan password saat mendaftar. Pada bagian pengumuman maka akan muncul keterangan dinyatakan lulus atau tidak lulus. Jika dinyatakan lulus pada program studi dan kampus pilihan, selanjutnya pendaftar melakukan pengisian data profil, nilai rapor dan dokumen asli pada tanggal 18-27 April 2022. Kemudian akan dilakukan verifikasi data profil dengan memilih tanggal 10-13 Mei dan pengumuman hasil verifikasi penentuan UKT pada tanggal 20 Mei pada laman admisi.uin-suka.ac.id dan uin-suka.ac.id pada kolom pengumuman. Namun apabila pendaftar tidak melakukan pengisian data profil pada 18-27 April, Aulia mengingatkan akan ditetapkan sebagai mahasiswa kelompok UKT 7 (tujuh) atau tertinggi. “Apabila mengalami kendala dalam proses pengisian data profil dapat menghubungi Kantor Admisi UIN Sunan Kalijaga melalui email admisi@uin-suka.ac.id atau nomor Whatsapp 08172302020 selama hari dan jam kerja” imbuhnya.

Tim Media Admisi