Sambut Mahasiswa Baru, Fakultas Pascasarjana UIN Suka Gelar Sosialisasi Pembelajaran

Menyambut mahasiswa baru program magister (S2) dan doktor (S3) tahun akademik 2022/2023, Fakultas Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pembelajaran (SOSPEM), bertempat di Gedung Prof. R.H.A Soenarjo, S.H., pada 8 s.d. 9/9/2022. Sospem merupakan rutinitas kegiatan bagi mahasiswa baru guna mengetahui tentang dunia akademik di Fakultas Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga sekaligus bagaimana pelaksanaan teknis atau mekanisme dan aturan-aturan yang diberlakukan. Oleh karena itu, kegiatan tersebut bersifat penting bagi seluruh mahasiswa baru program studi Magister dan Doktor Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Pada sambutannya mengawali kegiatan, Direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. H. Abdul Mustaqim, S.Ag., M.Ag., menyambut dan memperkenalkan UIN Sunan Kalijaga sebagai knowledge production yang mana berbagai teori pengetahuan hadir dari UIN Sunan Kalijaga, seperti teori populer Nabi-Nabi Nusantara, Living Qur’an, Integrasi-Interkoneksi, dan Perbandingan Agama. Prof. Dr. H. Abdul Mustaqim, S.Ag., M.Ag. menegaskan bahwa UIN Sunan Kalijaga adalah pilihan yang tepat untuk mengembangkan ilmu serta membangun peradaban.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil Al Makin, S.Ag., M.A., juga turut menyambut dan mengucapkan selamat bergabung di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Rektor Al Makin dalam sambutannya menyampaikan setidaknya ada dua permasalahan ilmiah akademik di Indonesia, antara lain kekurangan passion, dan kekurangan empati dari para akademisi.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa kekurangan yang dimaksud ialah mahasiswa tidak bangga dengan statusnya sebagai independent researchman, sehingga cenderung coba-coba dan tidak percaya diri dengan kemampuannya. Kemudian kekurangan empati yakni merujuk pada peneliti yang hanya tertarik pada sesuatu dalam dirinya sendiri dan tidak tertarik dengan hal baru, padahal mempelajari kebudayaan baru sangat penting bagi integrasi bangsa. Selanjutnya, Rektor Al Makin mengajak seluruh mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga untuk meningkatkan rasa ingin tahu, keluar dari zona nyaman, meningkatkan empati, serta memperluas pandangan.

Pada Sospem mahasiswa pascasarjana ini membahas mengenai Struktur Kepengurusan Keluarga Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Arah baru studi Tafsir Al Qur’an, Core Values UIN Sunan Kalijaga, Menjadi Mahasiswa Tangguh dan Matang Secara Akademik, Sharing Knowledge Tesis dan Disertasi Terbaik, serta Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Pascasarjana.

Terselenggaranya Sospem ini, diharapkan mampu memberikan informasi kepada mahasiswa tentang proses perkuliahan di Program Magister dan Doktor di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, sehingga mahasiswa dapat lebih bersemangat mengembangkan ilmu serta membangun peradaban. (Nurul/Ihza)