UIN Suka Persiapkan Pembukaan Program Doktor AFI dan PGMI, Juga 18 Prodi S1 Go Internasional

UIN Sunan Kalijaga mempersiapkan pembukaan Program Doktor Aqidah dan Filsafat Islam dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Progres rencana pembukaan dua Program Doktor ini sudah sampai pada tahap Asesmen Lapangan dari BAN – PT. Dua asesor BAN-PT, yakni: Prof. Dr. H.M. Sirozi, Ph.D., Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang, dan Prof. Dr. Jamali, M.A., Guru Besar IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengunjungi UIN Sunan Kalijaga untuk melakukan Asesmen Lapangan, 12/9/2022.

Kehadiran para Asesor BAN-PT kali ini disambut Tim Borang dari kedua Program Doktor yang sedang berproses pembukaan, yakni Tim Borang Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Dibersamai Wakil Rektor 1, bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. H, Iswandi Syahputra.

Dalam sambutannya di hadapan Asesor, Prof. Iswandi antara lain menyampaikan, Asesmen untuk kedua Program Doktor sudah dipersiapkan sebaik mungkin. Semua Tim Borang juga hadir lengkap untuk saling menguatkan dan mendukung kelengkapan data yang dibutuhkan untuk pembukaan Program Doktor.

Disampaikan dalam pengembangan akademik UIN Sunan Kalijaga ke depan, tim pengembangan akademik telah menetapkan kebijakan Piramida terbalik yang mengarah kepada pengembangan keilmuan aspek Doktoral. Artinya ke depan UIN Sunan Kalijaga akan terus menambah kuota jumlah Mahasiswa Program Doktor, disusul Program Magister, dan terus mengurangi kuota Program Sarjana. Hal ini sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas/mutu alumni.

Sementara untuk Asesmen kali ini semua dokumen (menyangkut estetika, sistematika, kelengkapan dokumen dan seterusnya sudah dikoordinasikan sebaik mungkin oleh Tim Borang. Tata Ruangan serta tata lampu juga sudah dirancang sebaik mungkin untuk memudahkan proses asesmen. Maka jika masih ada kekurangan pihaknya berharap bimbingan, masukan, dan kritik yang membangun dari Asesor.

Prof. Iswandi juga menyampaikan, UIN Sunan Kalijaga juga sedang mempersiapkan borang pengajuan Akreditasi Internasional untuk 18 Prodi, yakni; Bimbingan dan Konseling Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Studi Agama-Agama, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1 dan S2), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1 dan S2), Manajemen Pendidikan Islam, Aqidah dan Filsafat, Ilmu Al Qur’an dan Tafsir, Ilmu Hadis, Studi Islam (S3), Manajemen Keuangan Syariah, Perbankan Syari’ah. 18 Prodi itu saat ini sedang di Assesmen dari Lembaga Akreditasi Internasional FIBAA.

Sementara dari Tim asesor disampaikan bahwa Asesmen menjadi wahana untuk menemukan permasalahan yang mungkin ada dan segera dapat diselesaikan sehingga pengajuan dua Program Doktor segera dapat terealisasi. Disampaikan juga 15 kriteria penilaian dari BAN-PT, antara lain: SDM, Kekhasan Kurikulum, SPMI, Penelitian, Jumlah kualifikasi, dan status calon dosen tetap, Luaran karya ilmiah yang dihasilkan, Akses ke Perpustakaan di luar PT, Jumlah dan kualifikasi tenaga kependidikan dan seterusnya. (Tim Humas)