Prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Kalijaga Gelar Festival Bahasa Arab se-Asia Tenggara

Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan Festival Bahasa Arab se-Asia Tenggara pada tanggal 15 s.d 17/09/2022. Bertempat di Gedung R.H.A. Soenarjo, S.H., atau Convention Hall UIN Sunan Kalijaga, SUKARABIC FEST V resmi dibuka dengan pemukulan gong sebagai simbolik oleh Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (AAKK), Dr. H. Mamat Rahmatullah, MM.

Acara pertama dibuka oleh sambutan Ihsan Rasyid selaku ketua panita SUKARABIC FEST V. Dalam sambutannya, Ihsan mengucapkan banyak terima kasih kepada para peserta dan panitia SUKARABIC FEST tahun ini. SUKARABIC FEST merupakan acara tahunan yang digelar dalam naungan program studi Bahasa dan Sastra Arab dan telah berlangsung sejak tahun 2017. SUKARABIC FEST V menjadi momentum yang membahagiakan karena akhirnya dapat terlaksana secara luring setelah kurun waktu 2 tahun yang lalu dilaksanakan secara daring karena pandemi Covid-19. “Kami ingin menunjukkan bahwa SUKARABIC ini hidup dan Berjaya lagi”, ujar Ihsan. Dalam SUKARABIC FEST V ada beberapa cabang lomba dengan 2 kategori di dalamnya. Kategori yang pertama untuk kategori umum dan kategori yang kedua untuk kategori mahasiswa.

Perlombaan dalam SUKARABIC FEST V meliputi Kaligrafi, Hadroh, Debat Bahasa Arab, Khitobah, Essay Bahasa Arab, Qiroatus Syi’ir, Musabaqoh Qiroatul Kutub dsb. SUKARABIC FEST tahun ini diikuti oleh 423 peserta. Menurut Ihsan, Bahasa Arab dinilai kurang terlihat di Indonesia, sedangkan dalam UIN Sunan Kalijaga itu Bahasa Arab adalah bahasa yang populer.“Melalui adanya SUKARABIC FEST V ini, kita ingin menyiarkan kepada seluruh Indonesia atau seluruh negara bahwa Bahasa Arab itu bisa juga menjadi bahasa Internasional kedua atau ketiga.” Ihsan Rasyid selaku ketua panitia SUKARABIC FEST tahun ini berharap semoga nilai kompetisi akan ditingkatkan lebih baik pada SUKARABIC FEST kedepannya. Ihsan juga berharap para peserta mendapatkan hasil yang terbaik dari acara SUKARABIC FEST V ini.

Sekprodi Bahasa dan Sastra Arab, Dr. Moh. Wakhid Hidayat S.S., M.A., dalam sambutannya memberikan apresiasi setinggi-tingginya pada panitia pagelaran SUKARABIC FEST yang telah berhasil melaksanakan event tahunan ini. Pihaknya juga merasa bahagia dan bersyukur dapat hadir di hari pertama untuk mengikuti festival SUKARABIC V secara luring.

Semua kegiatan ini akan menjadi wahana untuk mengembangkan dan melatih Bahasa Arab yang kita geluti selama ini. “Saya sangat menikmati keragaman para peserta yang menggunakan pakaian tradisional dan mungkin tahun depan ada pakaian arab, dan saya melihat dari awal kirab sampai detik in. Ini sebagai bukti bahwa prodi Bahasa dan Sastra Arab unggul,” tuturnya. Sebelum mengakhiri sambutannya, Dr. Moh Wakhid menyampaikan salah satu puisi zaman jahiliyah karya Zuhair bin Abi Sulman di bait terakhir, yang artinya bahwa manusia itu akan abadi perkataannya setelah ia meninggal. Dan saya berharap setelah acara ini selesai, segala hal yang kita nikmati di acara ini akan abadi di rumah masing-masing sampai suatu saat kita bertemu kembali.

Pembukaan SUKARABIC FEST V resmi ditutup oleh Kabiro AAKK Dr. H. Mamat Rahmatullah, MM. dengan bacaan basmalah dan dilanjutkan dengan pemukulan gong sebagai simbolik dibukanya acara. “Sesuai dengan tema acara kita SUKARABIC FEST V yaitu Kemilau Harmoni Sahara di bawah Langit Khatulistiwa, tema ini sangat bagus sekali dan acara ini sudah dilaksanakan ke 5 kalinya.” Kabiro AAKK berharap agar kegiatan ini dapat memberikan kebermanfaatan yang luas dan dapat terlaksana secara kontinyu pada tahun-tahun mendatang. (Ira/Laela/Himas/Tiara/Ihza)