Klinik Pratama UIN Sunan Kalijaga Mengadakan Pelatihan Manajemen Penanganan Keluhan Pelanggan untuk Meningkatkan Kualitas Layanan

Klinik Pratama UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Penanganan Keluhan Pelanggan pada tanggal 3 Februari 2024 yang diikuti 23 peserta terdiri dari seluruh pegawai Klinik Pratama UIN Sunan Kalijaga dan tamu undangan dari Analis Kepegawaian pada Biro AUK, Pusat Pengembangan Bisnis, Bagian Humas pada UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, serta tamu undangan dari Klinik PKU Muhammadiyah Cangkringan Sleman.

Narasumber pelatihan yaitu Sri Nenggih Wahyuni, S.IP., MA., Kepala Instalasi Pemasaran, Hubungan Masyarakat, Informasi dan Layanan Pelanggan dari RSA UGM. Beliau menyampaikan materi tentang Toward Service Excellence menuju layanan bermutu berbasis kepuasan dan keselamatan pasien. Service Excellence adalah pelayanan prima yang profesional dengan standar kualitas terbaik, yang ditujukan kepada pelanggan agar puas terhadap pelayanan. Agar mencapai Service Excellence penerapan Tata Nilai Klinik Pratama UIN Sunan Kalijaga yaitu Mitra Menuju Sehat harus dapat menjadi budaya dalam melaksanakan pelayanan kepada pasien. Penyampaian materi dilaksanakan dengan interaktif sehingga seluruh peserta terlibat secara aktif dalam praktik menerapkan Senyum, Salam dan Sapa, memahami kebutuhan, serta memperbaiki softskill dalam berkomunikasi termasuk dalam menangani keluhan terhadap pelanggan. (dr. Mahadna Aulia Rahmah)