UM PTKIN UIN Sunan Kalijaga Berjalan Lancar

Memasuki hari ketiga, pelaksanaan ujian masuk perguruan tinggi UIN Sunan Kalijaga, melalui jalur Ujian Masuk-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) berjalan lancar. Calon Mahasiswa Baru terlihat bersemangat mengikuti tahapan tahapan ujian. Untuk mencegah terjadinya cluster baru dalam pandemic, panitia tetap menerapkan protokol Kesehatan. Sebelum pelaksanaan ujian, peserta wajib mengikuti protokol kesehatan dengan menjaga jarak, menggunakan masker dan hand sanitizer, serta mematuhi aturan dalam ruangan ujian. Ada petugas yang disiapkan panitia untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan dan untuk membantu memberikan informasi kepada Calon Mahasiswa baru yang sedang mengikuti UM-PTKIN.

Frisca salah seorang Calon Mahasiswa asal Kebumen mengemukakan selama melaksanakan ujian tidak ada kendala baik dari sisi pelayanan informasi, ketersediaan dan kenyamanan ruangan maupun dari sisi aplikasi SSE. Sebagaimana rilis yang dilansir oleh situs resmi UM PTKIN https://um.ptkin.ac.id/ bahwa Pada tahun 2023 UM-PTKIN diselenggarakan secara luring di PTKIN Titik Lokasi Ujian yang dipilih oleh peserta dan menggunakan aplikasi Sistem Seleksi Elektronik (SSE). SSE adalah aplikasi ujian yang menggunakan komputer (PC/Laptop). Melalui SSE, pelaksanaan ujian tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban. Hal yang sama juga disampaikan oleh Ganjar, Calon Mahasiswa asal Gunung Kidul, baik ruangan maupun fasilitas lainnya sangat mendukung terutama suasana ruangan dan ketenangan sangat mendukung.

Baca juga: 2.870 Camaba Ikuti Ujian UM-PTKIN di UIN Sunan Kalijaga


“Kami berusaha memberikan fasilitas yang terbaik untuk para calon mahasiswa agar mereka dapat berkompetisi secara adil, serta memberikan layanan ujian yang memprioritaskan keselamatan dan kesehatan para peserta", ujar Ketua Admisi UIN Sunan Kalijaga, Ir. Aulia Faqih, M.Kom.

Pada UM-PTKIN, ada 24 prodi keagamaan yang bisa dipilih oleh Calon Mahasiswa. Sementara itu untuk kuota yang disediakan untuk jalur UM-PTKIN ini sebanyak 1.364 kursi dengan kuota 50% lebih banyak daripada jalur yang lain. Hasil UM-PTKIN akan diumumkan pada tanggal 23 Juni 2023.

Pelaksanaan UM-PTKIN ini adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang disediakan oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negerisebagai tahap awal bagi para Calon Mahasiswa menuju dunia pendidikan yang lebih tinggi. Semoga seluruh peserta yang mengikuti ujian masuk perguruan tinggi dapat meraih hasil yang terbaik dan mewujudkan cita-cita mereka menjadi sarjana yang handal di masa depan, demikian harap Aulia Faqih. (Ozi/ihza)