Bakti Kampus:Upaya Menggali Potensi Kampus

Kampus tidak bisa lepas dengan kehidupan masyarakat sekitar. Aktivitas dan kegiatan yang dilaksanakan universitas mestinya berdampak positif kepada lingkungannya. Begitu juga kondisi dan potensi yang ada di sekitar kampus agar bisa bermanfaat baik sivitas akademik dan warga sekitar kampus.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melalui Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat melaksanakan Bakti Kampus untuk mengenalkan potensi dan menjaga lingkungan kampus agar tetap asri, nyaman dan aman dalam proses belajar-mengajar. Kegiatan ini melibatkan 3.250 mahasiswa yang tersebar di sepuluh lokasi sekitar kampus, Jum’at (29/6) kemarin.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Dr. Phil. Al Makin, S.Ag, MA mengatakan selama ini Kuliah Kerja Nyata (KKN) diartikan aktivitas mahasiswa di luar kelas dalam bentuk pengabdian masyarakat dalam memecahkan masalah pembangunan. “ Bakti kampus mencoba menghubungkan mahasiswa dengan peta potensi yang ada di sekitar kampus” kata Al Makin.

Sekretaris LP2M Dr. Moh. Soehadha,S.Sos.M.Hum. menjelaskan kegiatan ini mendekatkan mahasiswa dan tahu kondisi rumah sendiri. Sumbangsih apa yang dapat mereka berikan kepada masyarakat sekitar kampus. “ Mengabdi itu tidak saja ke luar, tapi apa yang bisa dipahami mahasiswa untuk membangun kampus dengan memanfaatkan potensi yang ada”, kata Soehadha.

“Kita ada sungai yang bisa dimanfaatkan. Dengan kegiatan membersihkan sungai dan bersih-bersih di lingkungan kampus sebagai upaya merawat fasilitas kampus yang bisa dimanfaatkan. Misalkan botani garden yang ada bisa dijadikan wisata kampus, dan membangun budaya masyarakat sekitar,” ucap Soehada. (Khabib)

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'oci8' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: