UIN Suka Turut Andil Diskusikan Perkembangan Islam

Dalam hajatan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke XVIII "Islam in the Globalizing World : Text, Knowledge, and Practice" ini dijadwalkan akan menghadirkan sejumlah intelektual dan akademisi dari berbagai negara.

Dari dalam negeri, sebelum acara pembukaan, Senin (17/9) malam bertempat di Auditorium IAIN Palu, turut andil pula mengisi diskusi, yakni Prof. Dr. H.M. Amin Abdullah, M.A. (Guru Besar Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga) dan Prof. Dr. H. Machasin. M.A. (Guru Besar Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga) menggantikan Dr. Siti Ruhaini Dzuhayatin, M.A. Diskusi yang dipandu oleh Prof. Dr. M. Arskal Salim GP (Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kemenag RI) ini mengambil tema “The Current Development of Islamic Studies”.

Arskal menyampaikan bahwa sesuai dengan tema, diskusi kali ini membahas mengenai perkembangan kajian keislaman di Indonesia serta tantangan yang akan dihadapi.

Dalam diskusi tersebut, Amin Abdullah memaparkan bahwa PTKIN mempunyai tugas yang cukup berat karena harus mempelajari kajian umum dan Islam secara bersamaan. Sementara Machasin berpandangan bahwa bekal yang dimiliki oleh PTKIN terkait kajian keilslaman masih sangat sedikit. Beliau berharap agar kajian tersebut bisa lebih dikenal oleh dunia seiring bertumbuhnya intelektual dan akademisi yang sangat paham di bidang kajian.

Diskusi berjalan dengan lancar dan interaktif, sehingga pertanyaan mengenai isu-isu yang dibahas menjadi lebih cair.

Gelaran AICIS ini dilaksanakan dari tanggal 17-20 September 2018 dan akan dibuka secara resmi oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, Selasa (18/9) pagi di Hotel Mercure Palu. (Nurul/Doni-Humas)