Rakor Forum WR III PTKIN: UIN Sunan Kalijaga Teken MoU dengan Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS) dan Universitas Teknologi MARA (UiTM) Malaysia


Rektor UIN Sunan Kalijaga (UIN Suka), Prof. Dr. Phil. H. Al Makin, M.A.,memperkuat misi internasionalisasi perguruan tinggi melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan dua universitas dari Malaysia. Pada tanggal 13/07/2023, disaksikan oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Abdur Rozaki, M.Si dan Direktur Diktis Kementerian Agama RI, Rektor UIN Suka melakukan penandatanganan MoU dengan Universitas Teknologi MARA (UiTM) Sarawak dan Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS). Turut hadir dalam agenda ini Kepala International Office/CDCIA UIN Sunan Kalijaga, Ambar Sari Dewi, S.Sos., M. Si., Ph.D.

Penandatanganan MoU ini merupakan bagian dari acara Rapat Koordinasi Forum Wakil Rektor Bidang Kerjasama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang berlangsung di Hotel Aston Pontianak pada tanggal 12 s.d. 14/07/2023. Direktur Diktis Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag., juga hadir sebagai saksi dan memberikan pidato utama setelah penandatanganan MoU. Tema utama acara ini adalah Penguatan Kerjasama Internasional PTKIN dan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan UiTM dan Unimas. Dalam pidatonya, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi menyatakan bahwa internasionalisasi merupakan keharusan bagi PTKIN dan menggarisbawahi pentingnya mengubah MoU internasional menjadi Agreement of Cooperation (MoA).

Sebelumnya, rangkaian kegiatan dimulai dengan gala dinner yang diadakan di Rumah Dinas Walikota Pontianak pada tanggal 12/07/2023. Gala dinner ini dihadiri oleh wakil walikota Pontianak, perwakilan dari UNIMAS dan UITM Sarawak, serta para rektor PTKIN, Wakil Rektor bidang Kerja Sama PTKIN, Ketua International Office PTKIN, dan tamu undangan lainnya. Dr. Abdur Rozaki, M.Si., Ketua Forum Wakil Rektor Bidang Kerjasama, menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Walikota Pontianak dan IAIN Pontianak atas keramahan mereka dalam menerima para tamu undangan. Dr. Abdur Rozaki juga menekankan pentingnya kerjasama dengan Malaysia, terutama dengan UITM Sarawak dan UNIMAS, sebagai implementasi konkret dari upaya internasionalisasi PTKIN. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah untuk memperkuat kerja sama internasional dengan lebih banyak universitas di seluruh dunia. Dr. Abdur Rozaki memberikan apresiasi kepada IAIN Pontianak, seluruh wakil rektor bidang kerjasama, dan International Office atas persiapan acara yang baik.

Selanjutnya, International Office UIN Sunan Kalijaga segera mengambil tindakan lanjutan setelah penandatanganan MoU tersebut. Mereka melakukan diskusi singkat mengenai rencana pengiriman mahasiswa UIN SUKA ke UITM Sarawak pada semester ganjil 2023, serta beberapa rencana lainnya (Weni/Ihza/Alfan)