Kembangkan Eduwisata, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Gandeng Yayasan Astra Honda Motor

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga bekerja sama dengan Yayasan Astra Honda Motor menyelenggarakan Program KKN Tematik Satu Hati. Program KKN Tematik Satu Hati ini, salah satunya dilakukan di Dusun Bendosari, Desa Sumbersari, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, dengan mengembangkan Kawasan Eduwisata Kebun Buah Bendosari dan UMKM masyarakat sekitarnya.

Program pengabdian masyarakat UIN Sunan Kalijaga berbasis kemitraan ini diluncurkan 18/7/2023 di lokasi Eduwisata Kebun Buah Bendosari, dengan ditandai peresmian fasilitas sarana dan prasarana, serta pembukaan tirai unveiling landmark eduwisata yang dibangun secara gotong royong oleh tim pengebdian kepada masyarakat UIN Sunan Kalijaga dan kelompok tani Kebun Buah Bendosari, dengan support dana sebesar Rp. 180.000.000,- dari Yayasan Astra Honda Motor.

Hadir membersamai agenda kali ini antara lain; Bupati Sleman,Dra. Hj. Kustini beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Sleman, Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Al Makin yang hadir secara virtual, Ketua Yayasan Astra Honda Motor, Ahmad Muhibuddin beserta jajarannya, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerja sama (AAKK), Dr. Mamat Rahmatullah, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Sunan Kalijaga, Dr. Muhrisun, S.Ag., BSW, M. Ag., MSW., Ketua Lembaga Pengebdian kepada Masyarakat (LPM), Ir. Trio Yonathan Teja Kusuma, M.T. Hadir pula Kelompok Tani Kebun Buah Eduwisata Bendosari, UMKM setempat, para Dosen Pembimbing Lapangan dan Mahasiswa KKN UIN Sunan Kalijaga.

Prof. Al Makin dalam sambutan virtualnya mengawali peresmian antara lain menyampaikan, keberhasilan pengembangan Kawasan Kebun Buah Bendosari menjadi wahana Eduwisata tidak lepas dari kegigihan tim pengabdian masyarakat UIN Sunan Kalijaga yang dimotori olek Ketua LPM, Trio Yonatan yang dengan telaten rajin, dan hubungan kerja yang bersahabat dengan para Mahasiswa melalui program-program KKN Tematiknya dan program-program pemberdayaan masyarakat. Sudah tiga tahun ini LPM UIN Sunan Kalijaga membersamai Kebun Buah Eduwisata Bendosari dengan tahap tahap pengembangan yang terencana tergambar dalam master plant. Melalui kerja sama kemitraan dengan Yayasan Astra Honda Motor dengan support dana dan softskill praktisi tentunya akan sangat membantu percepatan pengembangan Kebun Buah Eduwisata Bendosari menjadi destinasi wisata yang unggul di Sleman.

Baca juga: Merayakan Panen Raya Jambu Kristal di Kebun Eduwisata Bendosari

Kerja sama kemitraan dengan Yayasan Astra Honda Motor merupakan salah satu implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam upaya membangun kualitas SDM yang semakin unggul. Hingga saat ini Yayasan Astra Honda Motor telah menggelontorkan dana tidak kurang dari Rp. 600.000.000 untuk UIN Sunan Kalijaga, ungkap Prof. Al Makin.

Sementara itu, Ahmad Muhibuddin menyampaikan, Yayasan Astra Honda Motor hadir bermitra dengan kampus UIN Sunan Kalijaga untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam membangun kualitas Sumber Daya Manusia yang lebih unggul. Yayasan Astra Honda Motor didukung PT. Hitachi Astemo Bekasi Manufacturing, PT. Musashi Auto Parts Indonesia, PT. Suryaraya Rubberindo Industries dan PT. Yutaka Manufacturing Indonesia.

Untuk tahap awal, kawasan kebun buah terpadu dikembangkan dengan pembangunan infrastruktur pendukung seperti akses jalan, membangun pergola dan galeri Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Lantas menambah gazebo, memperbaiki toilet dan musala agar lebih nyaman bagi para pengunjung. Dengan tujuan mendukung ekonomi masyarakat, Yayasan Astra Honda Motor turut menanam pohon buah lokal sebanyak 440 pohon yang terdiri dari pohon markisa, matoa, dan mangga.

"Mahasiswa dengan didampingi para Dosen menjadi aktor utama program pengembangan Kebun Buah Bendosari ini. Mereka berada di garda terdepan mengaplikasikan ilmunya melalui program pemberdayaan berkelanjutan dan berdampak langsung bagi masyarakat. Sarana edukasi ini diharapkan dapat mendukung keberlangsungan petani & UMKM lokal melalui pelatihan dan galeri produk masyarakat," papar Ahmad Muhibbuddin.

Muhrisun menambahkan, melalui KKN Tematik Satu Hati bermitra dengan Yayasan Astra Honda Motor berorientasi melakukan pendampingan melalui program pemberdayaan masyarakat yang berkesinambungan. Karena itu, program ini membutuhkan sinergi dan dukungan dengan beragam pemangku kepentingan, tokoh masyarakat, kelompok masyarakat dan pemerintah setempat. Program ini menjadi bagian dari pengabdian masyarakat kampus UIN Sunan Kalijaga, yang tahun ini mengirimkan lebih dari 3.300 mahasiswa ke 45 kabupaten di Indonesia. Di dalam program KKN Tematik Satu Hati, Yayasan Astra Honda Motor bersinergi dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengembangkan kebun buah seluas 3 hektare sebagai sarana edukasi sekaligus wisata.

Para Mahasiswa didampingi Para Dosen Pembimbing Lapangan terjun langsung membersamai masyarakat Bendosari dan berinovasi dalam memajukan desa eduwisata berkolaborasi dengan Kelompok Masyarakat Pengelola Eduwisata Kebun Buah Bendosari dan Kampung Jamur.

Ahmad Muhibuddin juga menyampaikan, selain bersinergi melaksanakan KKN Tematik Satu Hati, Yayasan Astra Honda Motor juga memberikan dukungan dana operasional bagi delapan tim KKN Mahasiswa terbaik dari berbagai kampus di Tanah Air. Mereka berhasil memasuki babak final kompetisi proposal KKN yang bertajuk SDG’s Future Leader yang dikhususkan untuk para Mahasiswa penerima beasiswa Yayasan dari berbagai kampus yang tersebar di Ambon hingga Aceh. Konsep pengabdian masyarakat ini telah diuji pada Senin (17/7/2023) melalui proses pemaparan, presentasi dan pendalaman materi. Para juri melihat kedalaman Mahasiswa memahami latar belakang masalah dan pemberian alternatif solusi, keunikan program, serta sejauh mana peran Mahasiswa berpartisipasi di masyarakat sehingga memberikan dampak ekonomi, lingkungan dan sosial, kata Ahmad Muhibuddin.

Bupati Sleman - Kustini Sri Purnomo bersama Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin sedang melihat area pengembangan Desa Bendosari, Sleman- Yogyakarta [PT AHM].

Proposal pengabdian masyarakat yang lolos seleksi bakal direalisasikan melalui kegiatan sinergi membangun negeri sepanjang Juli s.d. Desember 2023.
"Kami menyiapkan Beasiswa Bangun Negeri. Kami ingin mahasiswa sebagai agen perubahan mampu merumuskan mimpi pengabdian masyrakatnya melalui program-program yang berdampak signfikan dan berkelanjutan," pungkas Ahmad Muhibbuddin. (Weni/Doni/Alfan)