Sosialisasi Pembelajaran UIN Sunan Kalijaga Semangati Mahasiswa Baru Raih Sukses Studi

Usai mengikuti Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan, 4.687 Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga mendapat pembekalan lagi dalam forum Sosialisasi Pembelajaran (Sospem). Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari (28, 29, 30/8/2023) berlokasi di fakultas masing masing.

Kepada humas, disela sela kegiatan Sospem, Wakil Rektor 3, bidang Kemahasiswaan dan Kerja sama, Dr. Abdur Rozaki menjelaskan, melalui forum ini seluruh Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga diberikan motivasi dan pemahaman berbagai hal agar seluruh Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga memiliki semangat yang tinggi untuk meraih sukses studi. Semangat mengikuti setiap pembelajaran dari Dosen, dan semangat dalam mengikuti berbagai kegiatan positif, menggasah passion, dan mengikuti berbagai kompetisi baik di dalam kampus maupun di luar kampus, serta semangat untuk berhasil meraih prestasi baik di kampus, di tingkat daerah, nasional maupun Internasional, sebagai implementasi tagline; “UIN Sunan kalijaga Untyuk Bangsa, UIN Sunan Kalijaga Mendunia.”

Sementara itu berbagai materi yang disampaikan pada forum ini antara lain: -Bagaimana mengasah kecerdasan emosi dan softskill.– Kecardasan Buatan/Artificial Intelligance. – nilai utama UIN Sunan Kalijaga (Integratif-Interkonektif, Dedikatif-Inovatif, Inklusif, Continuous, Improvement). Juga enam nilai utama yang lain, yakni; Kampus unggul mendunia, cinta ilmu dan seni, hormati guru, akhaqul karimah, menghargai perbedaan, masa depan cerah, hidup berkah. – Kecerdasan Sosial.- Mahasiswa baru juga dikenalkan tentang Student Center (tempat mereka nanti menekuni berbagai kegiatan dan keorganisasian.- Tentang kurikulum KKNI, NSPT. OBE, MBKB. – tentang core valueUIN Sunan Kalijaga – Internalisasi Nilai-Nilai Kebangsaan. -Dan Moberasi Beragama, demikian tegas Dr. Abdur Rozaki.

Kegiatan Sosialisasi pembelajaran ditutup dengan berbagai lomba dan unjuk kebolehan di fakultas masing masing yang melibatkan Mahasiswa baru, para Mahasiswa Senior dan para Dosen.

Salah satunya adalah kegiatan penutupan Sospem yang dilaksanakan di Fakultas Sosial dan Humaniora. Fakultas ini menggelar lomba seni dan budaya, lomba orasi tentang Moderasi Beragama, lomba tik tok, lomba video real, dan pemilihan busana terbaik. Menurut Dekan Fakultas Sosial dan Humaniora, Dr. Mochammad Sodik, kegiatan ini dilakukan sebagai ajang untuk mengasah kreatifitas Mahasiswa Baru, mengenalkan potensi setiap Mahasiswa Baru, dan menjalin keakraban antara Mahasiswa Baru, Mahasiswa senior dan para Dosen maupun Tendik di lingkup fakultas. (Weni/Ozi)