PLT Gelar Workshop Peningkatan Kapasitas SDM

Pusat Layanan Terpadu (PLT) Pencegahan dan Penanganan Kekeresana Seksual UIN Sunan Kalijaga Mengadakan Workshop Peningkatan Kapasitas untuk para dosen dan para volounter mahasiswa.

Workshop ini dilaksanakan pada tanggal 25-26 November 2023. Workhsop dimoderatori oleh Nur Afni Khafsoh selaku koordinasi divisi media social anthusiast. Kemudian, workshop diisi oleh 3 narasumber diantaranya Prof. Dr. Alimatul Qibtiyah- Komisioner Komnas Perempuan, Thalis Nur Cahyadi, ….. – Advokat dan Aktivis serta Nurtika Ulfah, M. Psi – Psikolog UPT PPA Sleman.

Prof. Dr. Alimatul Qibtiyah menyampaikan penanganan kasus kekerasan seksual yang dilengkapi dengan gender education, dalam hal ini peserta diedukasi tentang penyebab dan solusi dari kasus kekerasan seksual. “kasus kekerasan seksual terjadi bukan karena pakain korban, sikap korban dan perilaku korban, karena pada dasarnya seseorang diberi akal untuk menolak dan menundukkan pandangan”.

Kemudian, Thalis Nur Cahyadi, SH, MH, MA. memaparkan mengenai prosedur penanganan kekerasan seksual secara runtut dan disertakan pula aturan perundang-undangan. Thalis juga menegaskan agar PLT memiliki perasaan yang netral. “PLT harus memiliki perasaan menahan atau netral agar tidak mudah menyimpulkan sebuah kasus” tegas Thalis Nur Cahyadi dalam isi materinya.

Yang terakhir yakni Nurtika Ulfah, M. Psi. menyampaikan hal-hal yang bersinggungan dengan psikis. “dalam menangani kasus harus benar-benar memahami kondisi korban dan jangan pernah bertanya mengapa baru konsultasi sekarang, tidak dari dulu” hal ini akan berakibat pada sikis korban karena sejatinya korban perlu banyak waktu untuk memberanikan diri dalam speakup. Acara ini berlansung dengan khidmad yang dilanjutkan diskusi antara peserta dan narasumber. Kemudian setelah istirahat berlangsung, Workshop dilanjutkan dengan review SOP PLT.