Tim Itjen Kemenag Apresiasi Tindak Lanjut Hasil Temuan di UIN Suka

Tim inspektorat jenderal kementerian agama yang dipimpin ketua Tim Sutikno SPt MM, mengunjungi kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 3/8/2020. Kunjungan tim dari Jakarta tersebut diterima oleh kepala Satuan Pengawasan Internal (SPI) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Budi Ruhiatudin SH., MHum. dan seluruh anggota SPI, diantaranya Dr Saleh M.Pd, Suswini SE Akt M.Acc., Gugun El Guyanie SHi LL.M, dan dua staf SPI Anita Sari dan Yan Suryo.

Dalam keterangan persnya kepada humas usai kunjungan, mewakili tim SPI, Gugun El Guyanie SHI., LL.M. menjelaskan, agenda utama tim dari itjen adalah tindak lanjut mengenai temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI tentang kelebihan bayar honorarium panitia pengadaan tanah kampus dua Pajangan. Selain itu juga menindaklanjuti temuan keuangan terkait proyek pembangunan gedung FEBI dengan skema SBSN.

Ada dua rekanan yang sudah menghadap SPI UIN sunan Kalijaga dengan berkomitmen menyelesaikan pengembalian uang dengan cara diangsur selama setahun. Dengan menerapkan audit berbasis digital yang dirintis oleh SPI UIN sunan Kalijaga, audit dari itjen prosesnya lebih cepat dan akurat, jelas Gugun.

Tim dari Itjen juga diterima dengan sambutan yang santun bersahabat oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof Dr Phil Al Makin, MA, di ruang rektor ditemani oleh para wakil Rektor. Rektor bersama para wakil rektor berkomitmen meminta pengawalan dari itjen agar proses penyelesaian pembayaran tanah kampus dua Pajangan berjalan sesuai prosedur hukum dan tidak ada temuan.

Didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. Iswandi, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Keuangan dan Kepegawaian, Dr Phil Sahiron, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja-Sama, Dr Abdul Rozaki, UIN Suka mendapat masukan dari Itjen agar bergandengan tangan dengan para alumni untuk berkomitmen melunasi tanah kampus dua.

Ketua tim Itjen juga berpesan, agar UIN Sunan Kalijaga memperkuat SPI, untuk mengawal seluruh proses pengadaan dan pencegahan korupsi di kampus. Selain itu SPI bisa membantu para dosen dan pegawai untuk menyusun laporan dan anggaran sesuai regulasi dan peraturan perundang-undangan.

Pertemuan dengan Itjen kali ini diwarnai dengan diskusi yang dinamis dimoderatori oleh Sekretaris SPI, Dr. Hj. Sriharini M.Si, dimulai dengan sambutan dari kepala SPI, Dr. Budi Ruhiatudin SH., MHum., Kabiro AAKK, Dr. HA. Munir MA., dan Kabag. Keuangan Drs. H. Ali Sodik MA., juga menemani dan ikut berdialog dengan tim Itjen sampai selesai. (Weni)