Empat Prodi Pendidikan MIPA Kembali Memperkuat Integrasi Keilmuan di FITK UIN Sunan Kalijaga

Empat Prodi Pendidikan MIPA, yakni: Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan, Kimia dan Pendidikan Fisika di kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yang semasa masih IAIN berada di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), lalu ketika dibuka Fakultas Sains dan Teknologi (FST), masuk ke Fakultas ini, sekarang berada lagi di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan Kalijaga, Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd, berharap bahwa kembalinya empat Prodi Pendidikan MIPA dari FST ke FITK akan berdampak pada penguatan integrasi keilmuan pendidikan sekaligus memberikan peluang kepada FITK untuk menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) bidang studi Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia. Selama ini, FITK hanya menyelenggarakan PPG untuk guru mata pelajaran PAI, Bahasa Arab, Guru Kelas MI, dan Guru Kelas PAUD. Harapan tersebut disampaikan Dr. Sumarni pada acara serah terima Prodi Pendidikan MIPA dari Dekan FST, 30/8/2020, di kampus FITK UIN Sunan Kalijaga. Dalam kesempatan tersebut, Dekan FST, Dr. Khurul Wardati, juga menyerahkan 1008 mahasiswa dan 35 dosen Prodi Pendidikan MIPA kepada Dekan FITK. Pemindahan tersebut merupakan realisasi dari SK Rektor UIN Sunan Kalijaga Nomor 159.1 Tahun 2019, tentang Pemindahan Program Studi Pendidikan dari FST ke FITK, yang ditandatangani Rektor UIN Sunan Kalijaga pada tanggal 28 Agustus 2019.

Acara serah terima tersebut dihadiri oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Al Makin, para Wakil Rektor, Kabiro, Dekan FST, Dekan FITK, semua Wakil Dekan dari kedua Fakultas, Para Kaprodi dan Sekprodi, Kabag dan Kasubag dari kedua Fakultas. Dalam sambutannya, Rektor berpesan agar semua kegiatan pada tingkat Prodi dan Fakultas selalu berdasarkan dan berorientasi pada pemenuhan standar mutu sebagaimana dipersyaratkan oleh BAN PT. Rektor juga berharap, agar FITK UIN Sunan Kalijaga tetap menjadi Fakultas terdepan di tanah air yang mempelopori berbagai inovasi di bidang pendidikan dalam skala regional Asia Tenggara maupun global internasional.

Sebelumnya, Dekan FITK juga melantik dan mengambil sumpah Kaprodi dan Sekprodi di lingkungan FITK UIN Sunan Kalijaga untuk masa jabatan 2020-2024. Sebanyak 16 Kaprodi dan 16 Sekprodi yang baru tampak khidmat mengikuti pembacaan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Dekan. Dalam sambutan pada acara pelantikan tersebut, Dekan berpesan agar para Kaprodi dan Sekprodi yang baru menunjukkan sikap yang profesional, kompak, komunikatif, mau melayani dan mendahulukan kepentingan bersama di Fakultas. Dengan kekompakan yang tinggi, FITK optimistis mampu mengembangkan diri menjadi Fakultas yang bisa berperan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagaimana visi Rektor UIN Sunan Kalijaga yang terangkum dalam slogan “UIN Sunan Kalijaga untuk bangsa, UIN Sunan Kalijaga mendunia”. Dekan juga menyempaikan penghargaan dan terima kasih kepada para Kaprodi dan Sekprodi peiode 2016-2020 yang pada hari ini mengakhiri masa jabatannya. Saat ini, FITK UIN Sunan Kalijaga memiliki 9 Prodi jenjang S1, 5 Prodi jenjang S2, dan dua prodi S3 atau Doktor. (Weni)