UIN Suka Siap Laksanakan Arahan Sekjen

Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Al Makin bersama dengan Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Prof. Dr. H.Nizar Ali, M.Ag. menandatangani Nota Kesepahaman terkait penguatan moderasi beragama didampingi oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Abdul Rozaki , dekan dan jajaran pejabat UIN sunan kalijaga. Acara penandatangan nota kesepahaman tersebut dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.
Penandatanganam MoU tersebut dilakukan di hari sabtu 27 Maret 2021 bertempat di ruang rapat lantai 2 di Gedung Prof KH. Saifuddin Zuhri. Ada enam poin nota kesepakatan, salah satunya adalah pengembangan desa moderasi beragama dan sadar kerukunan melalui pengarusutamaan moderasi beragama dan kerukunan umat beragama.


Hal lainnya adalah penyelenggaraan promosi pekan moderasi beragama, serta penyusunan kurikulum, silabus dan teks keagamaan terkait moderasi beragama. Poin kesepakatan terakhir adalah penyelenggaraan program kegiatan yang terkait dengan penguatan moderasi beragama dan kerukunan umat beragama.
Dijelaskan bahwa kedua pihak bersepakat untuk melakukan program programbersamadalam penyusunan modul implementasipenguatan moderasi beragama, seminar,penyelengaraan workshop, Training of trainer ( TOT) dan live in lintas agama.


Nizar Ali yang juga merupakan guru besar UIN Sunan Kalijaga menyampaikan Sekretariat Jenderal harus mendampingi Perguruan Tinggi dalam penguatan moderasi beragama. Disampaikan juga UIN bisa menjadi contoh dalam penguatan moderasi beragama terkait kerukuanan beragama, “ kata Nizar Ali.


Menurutnya, ada empat hal sebagai indikator moderasi beragama yang terus digaungkan oleh Kemenag, yaitu : komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, serta akomodatif terhadap budaya lokal.
Dalam hal ini Rektor UIN sunan kalijaga jugamenjelaskanbahwa UIN SUKA saat ini memiliki 70 Program Studi (Prodi) dan sebanyak 43 Prodi sudah bernilai A. "Sudah lama rasanya, UIN SUKA Yogya belum lagi mendapat bantuan. Sekarang layak untuk dibantu, dalam pengembangan kampus kita. Terlebih lagi akan dibangunnya kampus II yang terletak di Pajangan Bantul.

Baca juga:Warga Bantul Nantikan Kampus II UIN Sunan Kalijaga

Rektor UIN menyampaikan terimakasih atas kepercayaan Sekjen untuk menjalin sinergi dengan Universitas UIN Sunan Kalijaga. Dengan tegas dan lantang "Kami siap melaksanakan arahan dan amanah yang diberikan, bimbingan dan arahan Pak Sekjen selalu kami butuhkan. " ujar Rektor.(Doni-Dimas)