Syawalan dan Halal Bi Halal dengan Kesadaran Keberagaman

UIN Sunan Kalijaga akan menyelenggaralan perayaan Syawalan dan Halal Bi Halal dalam bingkai keberagaman umat beragama di Indonesia, bertempat di kampus UIN Sunan Kalijaga, 18/5/2021, jam 10.00 WIB hingga selesai. Perayaan Idul Fitri 1442 H ini bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia, maupun masyarakat dunia melalui Zoom Meeting . Terkait agenda besar di kampus moderasi beragama ini, Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof. Al Makin menyampaikan dalam siaran persnya.

Disampaikan Prof. Al Makin, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta akan merayakan Syawalan dan Halal Bi Halal dalam perspektif kesadaran keberagaman beragaman. Ini spesial dan penting karena UIN Sunan UIN Sunan Kalijaga akan mengundang 6 tokoh dari berbagai agama lain di Indonesia. Yakni; Tokoh Agama Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu, , Konghucu, dan Aliran Kepercayaan.

Dalam forum nanti, para tokoh ini akan berkomentar dan mungkin membandingkan dengan perayaan hari-hari besar dalam agama lain. Para tokoh ini berbicara tentang makna Idul Fitri dari banyak perspekstif lain dalam pemikiran keagaman mereka. Bagaimana makna Idul Fitri menurut pemikiran Nyepi atau Galungan umat Hindu. Makna Idul Fitri dalam persepketif Natalnya umat Kristen/Nasrani/Katolik. Makna Idul Fitri dalam perayaan Kuningan umat Konghucu. Atau bagaimana pemikiran Idul Fitri menurut Aliran Kepercayaan. Forum ini Istimewa, karena UIN Sunan Kalijaga mencoba memahami hari raya Idul Fitri dari berbagai perspektis tradisi keagamaan lain di Indonesia.

Para tokoh berbagai agama hanya akan berbicara singkat saja, karena selebihnya kita akan menyaksikan performance musik biola dari berbagai macam tradisi di nusantara. Bisa lagu-lagu Jawa, Aceh dan lainnya. Yang jelas Idul Fitri saatnya merayakan, bergembira, sekaligus mengundang umat yang berbeda, tradisi yang berbeda dalam bingkai kesadaran keberagaman.

Prof. Al Makin mengajak segenap masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia untuk mengikuti acara ini dengan bergabung melalui aplikasi Zoom Meeting dengan link

https://zoom.us/j/91541856990?pwd=S3h6UWNaUzZKaVFPOTg4aG5LdDdSQT09

Meeting ID: 915 4185 6990

Passcode: 528816 (Weni)