Fahrul Nurkolis, Muda Mendunia dan Punya Segudang Karya Riset

Fahrul Nurkolis, Mahasiswa Prodi biologi Angkatan 2020, UIN Sunan Kalijaga patut menjadi inspirasi mahasiswa Indonesia. Di usia mudanya pemuda asal Madiun ini tidak berhenti berkarya, menghasilkan banyak penemuan baru yang bermanfaat untuk kesehatan manusia, melalui aktifitas penelitiannya. Setidaknya mahasiswa Indonesia mencontoh apa yang dilakukan Fahrul Nurkolis. Tekun melakukan aktifitas bidang apapun yang disenangi. Tentunya yang positif ya. Baru baru ini, menggandeng Reza Sukma Dewi yang juga Mahasiswi Prodi Biologi Angkatan 2018, Fahrul Nurkolis meraih juara 1. Fahrul berhasil mendapatkan medali emas pertama untuk UIN Sunan Kalijaga pada kompetisi Invitasi Pekan IPPBMM Tahun ini dengan poin perolehan 87,58. Penelitian yang diangkat menjadi paper adalah “GARAM FUNGSIONAL KAYA IRON (Fe) DAN ANTIOKSIDAN DARI SPONGE LAUT DENGAN PENAMBAHAN DAUN KELOR SEBAGAI POTENSI BAHAN PANGAN THAYYIB DALAM UPAYA PENGENTASAN ANEMIA” dengan bimbingan Dosennya, Dian Aruni Kumalawati, M.Sc. Dan berhasil menyisihkan 5 Finalis PTKIN lainnya. Adapun juara 2 atau perak dari UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, dengan poin 86,42, dan juara 3 atau medali perunggu dari UIN Sunan Walisongo Semarang dengan poin 83,33.

Kenapa karya riset Fahrul bisa menang, menurutrnya, inovasi produk ini telah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual KEMENKUHAM RI sebagai Karya Tulis Ilmiah dengan no Catatan 000245690. Tak hanya itu, inovasi ini juga didukung oleh Prof. Hardinsyah (President Federations of Asian Nutrition Societies), Prof. Dr. dr. Nurpudji A. Taslim, MPH., Ph.D (Ketua Persatuan Dokter Gizi Klinis Indonesia) dan juga Pakar Gizi dan Pangan dari Universitas Sam Ratulangi, yaitu Dr. dr. Nelly Mayulu, M.Si.

Fahrul mengaku senang bisa ikut berkompetisi di ajang IPPBMM VIII Tahun 2021. Menurut Fahrul ajang ini dapat menjadi wahana mencerdaskan anak bangsa melalui berbagai kegiatan akademik maupun non akademik. Kompetisi IPPBMM dapat menjadikan mahasiswa sehat secara jasmani maupun rohani, mental dan spiritual. Disamping itu untuk mengasah generasi masa depan yang cerdas secara intelektual, moral-spiritual, emosional dan sosial, memiliki task skill, task skill management, contigency management skill, job role/environment skill dan transfers skill.

Fahrul berharap karyanya ini dapat berlanjut menjadi produk yang benar-benar memiliki dampak luar biasa dalam mengentaskan anemia. Tentunya bila dapat lanjut di Uji Klinis pada Hewan, baru ke Manusia. Dengan berpijak pada konsep keilmuan yang dikembangkan di kampus UIN Sunan Kalijaga (Integrasi dan Interkoneksi antara Sains dan Keislaman) akan dapat digali banyak karya riset yang bisa dikembangkan menjadi produk-produk pasar berdaya saing tinggi dan bermanfaat bagi upaya menjaga kesehatan masyarakat.

Fahrul memang hobi berpetualang dalam dunia riset, khususnya meneliti berbagai tanaman yang dapat dikembangkan untuk kesehatan manusia. Di sela-sela kesibukan kuliahnya, Fahrul juga aktif melakukan beberapa proyek ilmiah yang berkaitan dengan kesehatan. Berkaitan dengan gaya hidup, pola makan gizi seimbang, dan pangan fungsional baru untuk lebih sehat. Terutama dalam biokimia pangan seperti Antioksidan dan Polifenol. Fahrul juga senang menulis artikel ilmiah, mendesain infografis tentang kesehatan dan sains (lihat Instagram di @fahrul_scientist). Fahrul pun bersemangat menekuni teknologi, membuat situs web dan aplikasi.

Mulai dari mengikuti berbagai kursusonline(Antropometri di Pusat Penelitian Biomedis diUniversity of Cambridge,Rekayasa Genom-London, Virtual Class of Gapura Digital, pembelajaranonlineNutrisi dan Kesehatan: Mikrobioma Manusia dari Wageningen University Wageningen). Menjadi kontributorFreelance;di Kompas.id, dan Lini Sehat Bugar Indonesia (linisehat.com). Saat ini Fahrul telah mengantongi 30 Jenis Hak Kekayaan Intelektual Hak Cipta di KEMENKUHAM RI dan 5 Paten Produk Suplemen Kesehatan.

Fahrul juga aktif dalam kegiatan konferensi baik di dalam dan luar negeri; Poster Presenter Konferensi Nutrisi Nordik ke-12, 14-16 Desember 2020 Helsinki, Finlandia. Presenter Lisan Termuda di Konferensi Internasional ke-6 tentang Kesehatan Masyarakat 2021 (ICOPH 2021). Presenter Presentasi Abstrak Virtual di Masyarakat Anerican untuk Nutrisi. Presenter Presentasi Abstrak Virtual di Masyarakat Anerican untuk Nutrisi.Meeting, NUTRITION 2020 LIVE ONLINE, 1-4 Juni 2020, mempresentasikan karya risetnya tentang Gula Mangga Kaya Vitamin C: Potensi untuk Mengembangkan Kegembiraan Gula ctional Kaya Antioksidan (P13-034-20). Poster Presenter padaNUTRITION 2021 LIVE ONLINEyang diselenggarakan American Society for Nutrisi,judul"Sereal Grape (Ceulerpa racemosa)dengan Tambahan Tempe sebagai Makanan Fungsional Anti Penuaan:Studi In Vitro." Konferensi Musim Semi 2021: Mikrobioma dan kesehatan usus. Sebagai peserta yang mendapat dana konferensi dariClasado Biosciences (‘Clasado’)danQuorn Nutrition UKmasing-masing sebesar £140 dan co-author poster Presentasi: (1. Minuman probiotik dari fermentasi bunga pisang (Ontong) dengan tambahan daun pisang kluthuk (Musa balbisiana)., 2. Minuman fungsional formulasi dari fermentasi pohon pisang (Musa parasidica) yang kaya akan antioksidan dan serat pangan., 3. Minuman probiotik dari fermentasi mangga (Mangifera indica) dengan penambahan tepung bayam (Amaranthus) tinggi polifenol dan makanan fiber) yang diselenggerakan oleh Nutrition Society UK. SebagaiOral Presenterpada6th International Conference on Public Health 2021(ICOPH 2021), dengan judul "Sereal Kolagen Belut (Monopterus albus) menujuin Vitro Anti-Aging Activity" yang diselenggarakan The International Institute of Knowledge Manajemen (TIIKM).Sebagai Poster Presenter pada 12th Nordic Nutrition Conference, dengan judul"Gula Mangga Kaya Antioksidan dan Polifenol: Potensi untuk Berkembang"Calon Gula Fungsional untuk Antidiabetik" yang diselenggarakan Finlandia Society for Nutrition. Presentasi karya riset di Nutrition Live Online 2020, dengan judul “Mango Gula Kaya Vitamin C: Potensi untuk Mengembangkan Gula Fungsional Kaya akan Antioksidan" yang diselenggarakan olehAmerican Society for Nutrition.Di 3rd International Conference on Food, Nutrition,Kesehatan dan Gaya Hidup 2019 di Bangkok, Thailand. Judul "Quercetin and KaempferolGula Mangga: Potensi Pengembangan Gula Fungsional Kaya Polifenol"Yang diselenggarakanThe International Institute of Knowledge Management (TIIKM).Ditunjuk sebagai salah satuScientific Reviewer Committeepada acara7thKonferensi Internasionaltentang Kesehatan Masyarakat 2021 (ICOPH 2021), yang diselenggarakan TheInstitut Internasional Manajemen Pengetahuan (TIIKM).

Sementara itu, prestasi yang berhasil diraih Fahrul juga seabrek; Menjadi Top 10 Video Terbaik di acara“NEW NORMAL AND VOICES OF YOUTH,”Mei 2020 tingkat Internasional untuk Penelitian Anak-anak dan Remaja(ISRCY).Penulis Pemateri (Oral Presenter) Konferensi Internasional ke-3 tentang Pangan,Nutrisi, Kesehatan dan Gaya Hidup, Bangkok, 2019. Finalis 8 Besar Lomba Karya Tulis Ilmiah PHARMOCOPEIA, diselenggarakan Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran 2019. Ketua Tim PKM Lulus Pendanaan dari Kemenristek, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam PKM-Karsa Cipta 2019. Finalis termuda Olimpiade Gizi Nasional FKKMK Universitas Gadjah Mada dan Himpunan Mahasiswa Gizi Indonesia, Organisasi (ILMAGI) 2019. Finalis 8 Besar Abstrak Karya Mahasiswa Internasional PGDUI 2019. Juara 3 Lomba Esai Bela Negara Universitas Sahid Jakarta 2019. Juara 3 Lomba Karya Tulis Nasional Universitas Gadjah Mada 2018. Lomba Karya Tulis Idea Nasional Terbaik di Universitas Gadjah Mada 2018. Juara 2 Lomba Esai Nasional Universitas Negeri Surabaya 2017. Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional, Fakultas Kedokteran, Universitas Jember 2017. Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Fakultas Kedokteran UGM. Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang 2017. Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah 8 Besar Universitas Indonesia 2016.

Tak hanya itu, Fahrul juga aktif dalam organisasi internasional; Anggota/Anggota American Society for Nutrition 2020-2023, AS. Anggota/Anggota the Nutrition Society 2020-Sekarang, Inggris. Anggota/Anggota Royal Society of Biology 2021-2022, Inggris. Pendiri Kesadaran Obesitas Global untuk Panjang Umur dan Langsing. (Weni)