LPPM Gandeng Mapalaska Terjun membantu korban Erupsi Gunung Semeru

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggandeng Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam UIN Sunan Kalijaga (Mapalaska) membantu para korban erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Dua relawan Mahasiswa dari UKM mahasiswa, Catur Aji Laksono –Prodi Manajemen Pendidikan Islam, dan Abdul Rauf Al Ghoni –Prodi Perbankan Syari’ah, diberangkatkan secara simbolis oleh Ketua Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, Trio Yonathan Tejo Kusumo, S.T., M.T., di halaman kantor PPPM, kampus UIN Sunan Kalijaga, Senin, 6/12/2021 malam.

Kepada humas usai memberangkatkan para relawan, Trio Yonathan menyampaikan, para relawan akan langsung terjun ke lokasi bencana lereng Gunung Semeru, dengan membawa berbagai sarana –prasarana hasil pengumpulan donasi, antara lain: pakaian pantas pakai, sembako, perlengkapan bayi (popok, pakaian bayi dan balita), obat-obatan, dan uang. Menurut Trio Yonathan donasi dibuka LPPM sesaat setelah berita Erupsi Gunung Semeru, banyak donasi yang terkumpul dari civitas akademika UIN Sunan Kalijaga. Untuk tahap awal pemberangkatan relawan UIN Sunan Kalijaga ini, akan melakukan kegiatan assement pada Desa Desa Penyangga (tempat pengungsi) untuk mengetahui desa mana yang masih membutuhkan bantuan dan jenis bantuan apa yg dibutuhkan. Kegiatan assesment ini rencananya akan dilakukan selama7 hari mulai 6-12 Desember.

Setelah kegiatan assement direncanakan, Penrjuanan relawan tahap 2 akan dilakukan. Para Relawan akan terjun membantu korban Erupsi Gunung Semeru. Semua kegiatan pertolongan dan pemulihan para korban dapat dilaporkan kepada LPPM sebagai data dan bahan pembelajaran tentang mitigasi bencana. Dan semua kegiatan para relawan dikonversi menjadi nilai KKN. “Sehingga para mahasiswa yang terjun menjadi relawan korban bencana Gunung Semeru nantinya tidak perlu melakukan KKN lagi,” demikian jelas Trio Yonathan.

“ Ini adalah kolaborasi baik antara LPPM dan Mapalaska dalam Misi Kemanusiaan, teman-teman Mapalaska yang sudah mumpuni dalam hal penanganan Kebencanaan, sangat dibutuhkan partisipasinya disana, LPPM melengkapi sarana prasarana seperti Helm, Headlamp, Googleglass, sarana transportasi dan akomodasi selama pelaksanaan kegiatan ini, imbuh Trio Yonathan.

Kepada para relawan, pihaknya berpesan agar selalu menjaga keamanan diri dan kesehatan diri. (Weni)