Rektor Al-Makin Hadiri Pelantikan Pengurus dan Pengawas Kopma UIN Suka Periode 2022

Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A., selaku Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta hadiri Pelantikan Pengurus dan Pengawas UKM Koperasi Mahasiswa (Kopma) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta periode 2022-2023. Sebanyak 13 (tiga belas) personalia Pengurus dan 3 (tiga) personalia Pengawas dilantik secara resmi bertempat di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dengan turut mengundang Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sleman yang dihadiri oleh Bapak Catur Wibowo dan Sri Wening, Pembina UKM Kopma, Dr.Abdul Qoyyum, SEI, M.Sc.Fin., perwakilan dari UKM se-UIN Sunan Kalijaga, Kopma sahabat yang ada di Yogyakarta, serta organisasi pergerakan Koperasi Mahasiswa DIY yakni FKKMI dan HKMY. (15/03/2022)

Kopma UIN Suka meyakini bahwa negara Indonesia akan maju apabila perekonomian negara membaik dan salah satu caranya yakni dengan memperkuat dan membangkitkan kembali koperasi. Berangkat dari hal itu, Pelantikan Pengurus dan Pengawas Kopma yang dinahkodai oleh Yasmin Khoirunnisa selaku Ketua Umum Kopma tahun 2022 dan Gusti Rian Saputra yang terpilih sebagai Ketua Pengawas Kopma tahun 2022 ini mengusung tema, “Menyongsong Koperasi Bangkit, Perkuat Perekonomian Negara, Menuju Indonesia Maju”.

Pada sambutannya, Rektor Al-Makin berharap melalui pelantikan ini Kopma dapat menjadi lebih baik lagi kedepannya. “Saya berharap Kopma UIN pada periode kali ini dapat menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya,” tegasnya.

Rektor Al-Makin juga memberikan arahan dan saran untuk Kopma agar dapat melakukan ekspansi usaha ke ranah digital supaya bisa bertahan dengan kondisi iklim bisnis saat ini. “Dunia saat ini telah memasuki ranah digitalisasi. Dunia bisnis juga perlu beradaptasi dengan situasi ini. Bahkan setiap perusahaan memiliki sistem digital sendiri seperti konsep delivery online. Kopma tentu harus memikirkan bagaimana harus survive dan menghadirkan inovasi usaha berbasis digital. Saya yakin Kopma UIN pasti bisa melakukannya,” jelasnya.

Pak Rektor berharap Pengurus dan Pengawas yang akan dilantik dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.
“Selamat kepada Pengurus yang akan dilantik. Semoga dapat menjalankan amanah hingga akhir,” tambahnya. (GRS/Ihza)