Kuatkan Implementasi Kebijakan MBKM, Pimpinan UIN Suka Lakukan Kunjungan Kemitraan dengan Sejumlah Kementerian

Untuk menguatkan implementasi dari Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Pimpinan UIN Sunan Kalijaga melakukan kunjungan kemitraan dengan sejumlah kementerian. Yakni; Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian BUMN, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Agama RI.

Dalam kunjungannya ke Kemenparekraf, Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil Al Makin, M.A. dibersamai oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja-sama, Dr. Abdur Rozaki, M.Si, Kabiro AAKK Dr. H. Mamat Rahmatullah, Ketua LPM Dr. H. Fakhri Husein, Kepala Bagian Kerja-sama Dan Kelembagaan Rahmi Tri Mei Maharani, M.M., dan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Prof. Dr. Ema Marhumah. Kunjungan kemitraan kepada Kemenparekraf, 16/03/2022 ini dilaksanakan sebagai upaya memperkuat pelaksanaan kurikulum MBKM yang di dalamnya terdapat hak belajar mahasiswa selama 3 semester di luar program studinya.

Diterima oleh Kepala Biro dan Sumber Daya Manusia, Mr. Cecep Rukendi dan staf, diskusi berlangsung dengan suasana penuh keakraban. Mr. Cecep sangat mengapresiasi kunjungan dari UIN Sunan Kalijaga dan akan segera menindaklanjuti tawaran MOU UIN Sunan Kalijaga bersama Kemenparekraf RI.

Kunjungan yang kedua ke Kementerian BUMN, pimpinan UIN Sunan Kalijaga yang terdiri dari Rektor, Prof. Dr. Phil Al Makin, MA, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Abdur Rozaki, M.Si, Kabiro AAKK Dr. H. Mamat Rahmatullah, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Prof. Dr. Ema Marhumah dan Ketua LPM Dr. H. Fakhri Husein, berangkat menuju Kantor Kementerian BUMN untuk melanjutkan kunjungan kemitraan MBKM, 16/03/2022.

Kunjungan kepada Kementerian BUMN diterima Tedi Bharata, S.Kom, M.A.P, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN. Pada kesempatan kunjungan kali ini, Tedi Bharata menjelaskan bahwa, dalam skema pelaksanaan kurikulum MBKM Perguruan Tinggi di Indonesia, termasuk UIN Sunan Kalijaga dapat bergabung di dalam Forum Human Capital Indonesia (HCI). "Karena UIN Sunan Kalijaga sudah melakukan MOU dengan HCI tinggal terus dikembangkan penguatan programnya", ujarnya.

Tedi juga menginformasikan rencana pada bulan April 2022 mendatang akan dilaksanakan rekrutmen pegawai BUMN secara besar-besaran dan mengajak alumni UIN Sunan Kalijaga untuk tidak melewatkan kesempatan tersebut.

Kunjungan kemintraan berikutnya, Pimpinan UIN Sunan Kalijaga yang terdiri dari Ketua Senat Universitas, Prof. Dr. H. Siswanto Masruri, M.A., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Abdur Rozaki, M.Si, Kabiro AAKK Dr. H. Mamat Rahmatullah, Kepala Bagian Kerja-sama Dan Kelembagaan Rahmi Tri Mei Maharani, M.M., Ketua LPM Dr. H. Fakhri Husein, dan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Prof. Dr. Ema Marhumah, berkunjung ke kantor Kementerian Perindustrian RI untuk memperkuat pelaksanaan kurikulum kampus merdeka belajar, 17/03/2022.

Pada kesempatan kunjungan ini, Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga, Dr. Abdur Rozaki, M.Si., menegaskan bahwa, kebijakan kerja-sama untuk merealisasikan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) UIN Sunan Kalijaga menyasar tiga arena strategis salah satunya adalah lembaga kementerian, karena memiliki banyak program dan jaringan kelembagaan pusat sampai daerah.

Kunjungan diterima oleh Wulan Aprilianti Permatasari, S.Kom,. M.S., Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Kemenperin RI beserta dua orang stafnya, diskusi berjalan dengan hangat dan penuh keakraban. Pada kunjungan kali ini Wulan menjelaskan, terkait magang skema kurikulum MBKM. Menurut Wulan, Kementerian Perindustrian akan membuka akses untuk mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, disesuaikan dengan kebijakan kondisi karena adanya pandemi Covid-19.

Pada agenda kemitraan berikutnya, Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil Al Makin, M.A. dibersamai oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja-sama, Dr. Abdur Rozaki, M.Si, Kabiro AAKK Dr. H. Mamat Rahmatullah, Ketua LPM Dr. H. Fakhri Husein, Kepala Bagian Kerja-sama Dan Kelembagaan Rahmi Tri Mei Maharani, M.M., melaksanakanaudensi dengan Kementerian Desa, PDTT. Kehadiran pimpinan UIN Sunan Kalijaga iniditerima oleh Stafsus Menteri, Bapak Iman Sukri. Stafsus memastikan pelaksanaan MOU antara UIN Sunan Kalijaga dengan Kemendesa yang akan dilaksanakan penandatagannnya dalam sebuah seminar desa.

Kunjungan dilanjutkan kepada Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Hilman Latief di Asrama Haji Pondok Gede, 18/03/2022.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil Al Makin, MA bersama Ketua Senat UIN Sunan Kalijaga, Prof. Siswanto Masruri, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Prof. Dr. Ema Marhumah dan Ketua LPM Dr. H. Fakhri Husein, dan Kepala Bagian Kerja-sama Dan Kelembagaan Rahmi Tri Mei Maharani, M.M. Pada kunjungan kemitraan ini, didiskusikan beberapa prodi yang memiliki keterkaitan dengan manajemen haji dan umroh agar memiliki akses skema pemangangan atau studi independen. Sementara Hilman Latief memberikan jawaban bahwasannya akses itu sangat terbuka. Banyak hal terkait layanan haji dan umroh yang dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk belajar memperdalam tidak saja pada aspek spiritual, pendekatan fiqh lebih strategis lagi mekanisme ekonomi, terutama supply dan demand dari dampak pelaksanaan ibadah haji dan umroh.

Pada 19/03/22, kunjungan berlanjut kepada Kasi Kemahasiswaan, Bapak Amiruddin Kuba, Staf Khusus Menteri Agama RI Bidang Kerukunan Umat Beragama, H. Ishfah Abidal Aziz S.Hi, Humas Itjen Kemenag, Nurul Badruttamam, dan Sesmen RI, Sidik Sisdianto. Disela perbincangan hangat dan suasana penuh keakraban, Menteri Agama hadir namun hanya sebentar. Dalam perbincangan dengan stafsus Menteri didiskusikan pentingnya kampus di lingkungan PTKI memperkuat kapasitas melalui peringkat akreditasi Unggul dan akreditasi Internasional lainnya. (Weni/Ihza)