Kontingen UIN SUKA Ikuti Tur Kampus dan Technical Meeting PESONA I PTKN Tahun 2022

Sebanyak 71 peserta kontingen UIN Sunan Kalijaga didampingi pelatih dan tim official telah tiba di UIN Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung untuk mengikuti kegiatan Pekan Seni dan Olahraga Nasional (PESONA) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Tahun 2022 yang akan dimulai pada 9 s.d. 13/8/2022.

Sesampainya di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, kontingen UIN Sunan Kalijaga mengikuti serangkaian kegiatan, antara lain tur kampus yang dipimpin oleh panitia PESONA PTKN I Tahun 2022 untuk mengenalkan kontingen dengan venue lomba. Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Phil Al Makin, M.A., dan Kabiro AAKK, Dr. Mamat Rahmatullah, M.M., juga hadir membersamai kontingen, memberikan semangat dan dukungan secara langsung.

Setelah berkeliling kampus UIN Sunan Gunung Djati, kontingen beristirahat sejenak di Hotel untuk kemudian mengikuti technical meeting yang menjelaskan dan mensosialisasikan tentang aturan-aturan teknik pertandingan dan perlombaan berdasarkan Pedoman terbaru Pelaksanaan PESONA I PTKN Tahun 2022, bertempat di gedung kuliah Fakultas Syariah dan Hukum UIN SGD Bandung. Pada agenda ini turut hadir Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Prof. Dr. Phil. Sahiron, M.A., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Abdur Rozaki, M.Si., Sekretaris Senat, Prof. Dr. H. Maragustam, M.A., turut hadir memberikan dukungan untuk Kontingen UIN Sunan Kalijaga.

PESONA merupakan ajang penyelenggaraan kompetisi seni dan olahraga tingkat nasional bagi mahasiswa PTKN se-Indonesia di bawah naungan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. PESONA dilaksanakan secara multi event yang diselenggarakan dua tahun sekali, dengan maksud mencari mahasiswa unggul dan berprestasi dalam bidang seni dan olahraga serta mempererat silaturahim antar PTKN. Melalui kegiatan PESONA diharapkan dapat mengukur capaian pembelajaran dan kualitas mahasiswa PTKN. Rencananya kegiatan PESONA I akan dibuka langsung oleh Menteri Agama RI dan diikuti oleh 3.455 peserta dari perwakilan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen, Hindu, dan Buddha. Kegiatan ini mengusung slogan “Spirit of Harmony” dengan tema “Transformasi Nilai-Nilai Kebermanfaatan dalam Bingkai Kebersamaan untuk Indonesia Unggul.”

Ada 22 cabang lomba dalam ajang berskala nasional ini, meliputi 12 cabang seni dan 10 cabang olahraga. Dari 12 cabang seni tersebut ada 8 cabang lomba yang pada tahap penyisihannya melalui daring dengan mengirimkan karya, baru dilanjutkan tahap finalnya secara luring. Yaitu: (1) Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ), (2) Puitisasi Al-Qur'an (3) Cipta Lagu Islami, (4) Musikalisasi Hadits, (5) Qasidah Modern, (6) Monolog, (7) Film Pendek, dan (8) Stand Up Comedy. Sedangkan 4 cabang seni yang lain dilaksanakan secara luring, mulai tahap penyisihan hingga final. Yaitu: (1) Musabaqah Tilawatil Qur’an/MTQ, (2) Musabaqah Hifdzil Qur’an/MHQ, (3) Cipta Lagu Islami, dan (4) Kaligrafi. Adapun 10 cabang olahraga yang diperlombakan adalah: (1) Pencak Silat, (2) Karate, (3) Taekwondo, (4) Tenis Meja, (5) Bulu Tangkis, (6) Catur, (7) Panjat Dinding, (8) Futsal, (9) V olley Ball,dan (10)Basketball.

Kontingen UIN Sunan Kalijaga sejauh ini telah berhasil masuk dalam babak penyisihan dan lanjut ke tahap final untuk kategori Qasidah Modern, Film Pendek, Monolog, Cipta Lagu Islami, MTQ. MHQ, dan Kaligrafi, serta akan mengikuti semua pertandingan cabang olahraga, hanya absen pada cabang lomba Volly Ball dan Basket Ball.

UIN Sunan Kalijaga selalu mendukung dan mendoakan kontingen UIN Sunan Kalijaga dapat menampilkan versi terbaik dari dirinya dan berhasil mendulang prestasi pada ajang PESONA I PTKN tahun 2022. (Tim Humas)